Surya/

VIDEO - Tren Kejahatan Jalanan di Kabupaten Malang Meningkat. Sepekan, 20 Penjahat Ditangkap

Dalam sepekan saja, polisi di Kabupaten Malang panen tangkapan penjahat. Apakah ini bukti kejahatan di Kabupaten Malang kian tumbuh?

SURYA.co.id | MALANG - Hanya dalam sepekan saja, sebanyak 20 pelaku kejahatan di Kabupaten Malang diringkus polisi. 

Mereka terlibat dalam kasus narkoba, kejahatan jalanan, pencabulan dan pemerkosaan, serta ilegal logging.

Kapolres Malang, AKBP H Yade Setiawan Ujung menjelaskan, secara umum kasus narkoba masih mendominasi kejahatan di wilayah hukum Polres Malang. Disusul kejahatan jalanan yang mengalami peningkatan kasusnya.

"Melihat hasil operasi untuk dua kasus tersebut perlu dilakukan peningkatan keamanan jajaran dalam mengantisipasi terjadinya kejahatan tersebut," kata Yade Setiawan Ujung, Kamis (14/9/2017).

Untuk kasus narkoba dan pencabulan serta persetubuhan, menurut Yade Setiawan Ujung, perlu dilakukan sosialisasi lebih intens kepada masyarakat. Terutama untuk peran pengawasan dan kesadaran dari para orang tua untuk lebih intensif mengawasi putra putrinya. Termasuk melakukan pengawasan terhadap pergaulan dari anak-anaknya.

"Kami rasa terjadinya kasus narkoba lebih disebabkan oleh pemahaman pergaulan yang keliru. Maka perlunya kesadaran masyarakat akan hal itu," ucap Yade Setiawan Ujung.

Sedangkan kasus ilegal logging, tambah Yade Setiawan Ujung, langkah antisipasi perlu dilakukan secara terus menerus. Yakni dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat khususnya di wilayah sekitar hutan untuk tidak melakukan penebangan dan pencurian pohon di hutan Perhutani.

"Yang pasti, masyarakat perlu aktif ikut menjaga hutan dan tidak justru melakukan perusakan," ucap Yade Setiawan Ujung.

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help