Advertorial

Tingkatkan Koordinasi Lintas Elemen, Simulasi Anti Teror Digelar di Bandara Juanda

Untuk meningkatkan kemampuan antisipasi teror dan meningkatkan komunikasi serta koordinasi antar elemen, digelar simulasi antiteror di Bandara Juanda.

Tingkatkan Koordinasi Lintas Elemen, Simulasi Anti Teror Digelar di Bandara Juanda
ist
Para prajurit TNI AL dan petugas Avsec Bandara Juanda yang terlibat simulasi antiteror di bandara tersebut, Kamis (14/9/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sebanyak 120 personil Aviation Security (Avsec) dari PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Juanda bersama TNI AL menggelar latihan bersama antisipasi terorisme, Kamis (14/9/2017).

Latihan bersama ini digelar untuk meningkatkan komando, komunikasi, serta koordinasi dari seluruh stakeholder Bandara Juanda, yakni TNI AL, Avsec, PKPPK, Kesehatan Pelabuhan, serta stakeholder lainnya. 

Selain itu, latihan ini juga digelar untuk menguji performa dari fasilitas Avsec, sekaligus menguji kemampuan SDM Bandara. 

Dalam latihan ini, disimulasikan adanya ancaman teroris yang menyasar Bandara Juanda. Skenarionya, terdapat informasi intelijen Jawa Timur kepada Danlanudal yang menyatakan adanya ancaman terorisme di sana. 

Informasi intelijen ini lalu ditindaklanjuti oleh General Manajer bandara dan Danlanudal dengan meningkatkan patroli Avsec. Selain itu, tim K9 Bandara Juanda dan TNI-AL juga langsung meningkatkan status siaga kuning serta mengaktifkan EOC. 

Simulasi antisipasi teror di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Kamis (14/9/2017).
Simulasi antisipasi teror di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Kamis (14/9/2017). (ist)

Teroris yang menerobos bandara tersebut, berikutnya mengancam calon penumpang di gate 1. Saat itulah tim dari Avsec Bandara langung melakukan pengamanan, sementara tim Anti Teror TNI segera merapat ke lokasi. 

Selanjutnya, terjadi pula penyanderaan penumpang. Saat itulah, dilakukan prosedur anti sabotase dan kondisinya dinaikkan ke situasi merah. Di situasi ini, komando operasional diserahkan ke Danlanudal Juanda

Selain aksi anti teror, dalam simulasi itu pula diskenariokan adanya penemuan peledak hingga penjinakan bom. 

Baca: Simulasi Lawan Teror, Pengunjung Bandara Juanda Dikagetkan Dua Kali Tembakan Senjata Api

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help