Surya/

Lifestyle

Ajarkan Komunikasi sejak Dini pada Bayi Lewat Pijatan

“Setiap gerakan yang dilakukan dalam pemijatan memiliki tujuan khusus untuk tumbuh kembang si baby,”cetus Imelda Hanna Pradipta SPsi dari My Baby Spa.

Ajarkan Komunikasi sejak Dini pada Bayi Lewat Pijatan
surya/achmad pramudito
Pijatan pada anak juga bermanfaat mendekatkan diri orangtua pada anak sejak dini lewat sentuhan-sentuhan lembut pada sekujur tubuh buah hati ini. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pijatan dilakukan pada bayi, tak hanya memberi efek positif secara medis. Sentuhan tangan pada tubuh sang buah hati ini juga memberi dampak di area psikologisnya.

“Mengacu pada penelitian modern, ditemukan bahwa bahasa pertama yang digunakan oleh bayi untuk berinteraksi dengan dunia adalah melalui sentuhan,” ungkap Imelda Hanna Pradipta SPsi dari My Baby Spa.

Ditemui di acara seminar parenting ‘Yes Your Baby Is Genius’ yang digelar di Bernini Living, Hanna menambahkan, pemijatan dilakukan sejak usia dini merupakan cara komunikasi yang baik kepada buah hati, yakni berupa sentuhan lembut dan bermanfaat.

“Setiap gerakan yang dilakukan dalam pemijatan memiliki tujuan khusus untuk tumbuh kembang si baby,” cetus alumnus Universitas Surabaya Jurusan Psikologi ini.

Hanna lalu memberi contoh, misalnya pijatan di area dada untuk pernapasan, atau di area perut untuk membantu melancarkan pencernaan. Selain pemijatan, bayi pun dapat dilatih motoriknya melalui kegiatan berenang.

Pada kegiatan berenang, bayi dapat belajar membangun rasa percaya diri dan kemandiriannya. Selain itu, juga melatih otot-otot dalam tubuh agar lebih aktif sehingga proses perkembangan motorik semakin maksimal.

Menurut Hanna, renang bisa pula untuk meningkatkan keseimbangan bayi ketika nanti tumbuh berkembang.

“Renang pun bisa jadi terapi untuk mengurangi kecemasan anak,” tegasnya.

Di tempat yang sama, psikolog Edwina Natalia MPsi, menekankan bahwa orangtua harus mulai menjauhkan anak dari gadget.

Sebab, gadget dipastikan membuat anak berkurang minatnya untuk berinteraksi sosial.

Halaman
12
Penulis: Achmad Pramudito
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help