Surya/

Berita Banyuwangi

Banyuwangi Luncurkan Layanan Antar Obat ke Rumah Pasien

Pelayanan ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat menikmati layanan kesehatan, termasuk bisa mengurangi antrean pengambilan obat

Banyuwangi Luncurkan Layanan Antar Obat ke Rumah Pasien
surya/haorrahman
Peluncuran Gancang Aron, program pelayanan antar obat ke rumah pasien. 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Pemkab Banyuwangi kembali melakukan inovasi di bidang kesehatan, ”Gancang Aron”, yaitu pelayanan antar obat ke rumah pasien.

Program ini diluncurkan oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, di RSUD Blambangan, Rabu (13/9/2017).

”Gancang aron” dalam bahasa lokal berarti ”lekas sembuh”.

Bupati Anas mengatakan, pelayanan ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat menikmati layanan kesehatan, termasuk bisa mengurangi antrean pengambilan obat di apotek rumah sakit milik pemerintah daerah.

”Saya sering lihat, kadang ada pasien yang setelah berobat itu kan harus ambil obat di apotek. Kan kasihan, sudah sakit, masih menunggu obat. Maka dengan program ini, mereka tidak usah menunggu antrean, bisa langsung pulang beristirahat di rumah. Obatnya yang nanti diantar setelah disiapkan apoteker. Gratis,” kata Anas.

Dengan adanya pelayanan tersebut kata Anas, pasien rawat jalan diharapkan tidak perlu repot antre obat dan segera sembuh dari penyakit yang diderita.

”Beberapa bulan terakhir layanan ini terus kita uji cobakan. Tentu nanti ada masukan-masukan dari pasien maupun apoteker, karena obat ini tidak bisa sembarangan. Lalu kami sesuaikan juga dengan peraturan-peraturan yang ada terkait obat. Intinya kami ingin memberikan pelayanan terbaik kepada pasien,” ujar bupati berusia 44 tahun.

Apoteker dilibatkan karena mereka yang berhak untuk menjelaskan kepada pasien terkait aturan pemakaian obat tersebut.

"Apoteker nanti juga akan mengedukasi pasien. Misal kontra indikasi obat penyakit tertentu. Jadi keluarga pasien akan lebih paham dalam memberikan konsumsi obat pada keluarga yang sedang sakit," jelas Anas.

Selanjutnya Banyuwangi mengembangkan program ini dengan melibatkan layanan platform digital dari Gojek Indonesia.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help