Surya/

Berita Surabaya

Pemkot Bangun Perumahan Komersial di Sidoarjo- Warga: Surabaya Barat masih Banyak Lahan Luas

"Surabaya pinggiran asal masih Surabaya kan tidak terlalu jauh, di sini masih banyak lahan luas."

Pemkot Bangun Perumahan Komersial di Sidoarjo- Warga: Surabaya Barat masih Banyak Lahan Luas
surya/fatimatuz zahro
Direktur Keuangan PT SKU Michael Gatot Hariyadi menjelaskan pembangunan perumahan di Wonoayu Sidoarjo dalam hearing bersama Komisi B DPRD Surabaya, Selasa (12/9/2017). 

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Warga menyayangkan rencana Pemerintah Kota Surabaya membangun perumahan di Wonoayu Sidoarjo.

Warga Surabaya meminta Pemkot untuk memaksimalkan penyediaan perumahan di Kota Surabaya.

Hal itu disampaikan Zainal Rosyid (32), warga Sambikerep ini menyebutkan, jika luar kota akan banyak yang dikorbankan.

"Kalau saya lebih meminta Pemkot untuk menyediakan rumah di Surabaya saja. Surabaya pinggiran asal masih Surabaya kan tidak terlalu jauh, di sini masih banyak lahan luas, terutama Surabaya barat," katanya, Selasa malam (12/9/2017).

Pria bekerja di perusahaan kimia ini menyebutkan, jika harus beli rumah di luar kota, meski lebih murah, yang bekerja di Surabaya tentu butuh biaya transportasi untuk menuju tempat kerja. Belum lagi masalah keselamatan.

"Kan untuk membeli rumah tidak hanya soal dapat diskon atau murah saja. Kalau jarak tempuhnya jauh juga pasti pikir dua kali. Kecuali untuk investasi ya," kata Zainal.

Agar fair, ia justru mengusulkan agar warga Surabaya yang mau beli rumah di lahan Wonoayu itu bisa diberikan diskon yang lumayan besar dibandingkan dengan warga luar Surabaya yang membeli rumah tersebut.

Hal senada disampaikan Anindhita (27). Sebagai wanita karir, tentu ia juga ingin memiliki aset rumah yang kelak bisa ditinggali. Namun jika harus di luar kota, menurunya kurang efisien.

"Nanti kalau mau sekolahkan anak di Surabaya kan ada sistem kawasan, zona dan yang orientasi tempat tinggal. Repot dong kalu rumahnya di luar kota tapi ingin sekolahkan anak di Surabaya soalnya di Surabaya fasilitasnya lengkap. Sebagai warga Surabaya kalau bisa ya punya rumah di Surabaya," kata Dita.

Sebab menurutnya menjadi warga Surabaya sungguh dimanjakan dan fasilitas serba ada. Oleh sebab itu pihaknya berharap agar Pemkot bisa menyediakan lahan perumahan murah di kawasan Surabaya saja.

"Nah yang membangunkan kan Pemkot nih, harusnya kan bisa lebih murah dibandingkan yang pengembang komersial yang lain, soalnya tanah dan properti di Surabaya semakin hari makin mahal, ini kesempatan pemerintah hadir menawarkan hunian yang terjangkau oleh masyarakatnya. Kan kalau rusun khusus yang nggak mampu," kata Dita.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help