Surya/

Citizen Reporter

Ekspedisi Nusantara Jaya Ketika Anak Muda Menguras Peduli di Pulau Raas

mereka muda dan memiliki kepedulian serta empati.. mereka datang dari berbagai daerah di Indonesia dan diterjunkan ke daerah terpencil negeri ini...

Ekspedisi Nusantara Jaya Ketika Anak Muda Menguras Peduli di Pulau Raas
khoirus sholihantinnur/citizen reporter
Tim 2 Ekspedisi Nusantara Jaya menuju Pulau Raas Madura 

Reportase Khoirus Sholihatinnur
Alumnus Tim 2 ENJ Rayon Jawa Timur 2017/pengurus Media Universitas Trunojoyo Madura

EKSPEDISI Nusantara Jaya (ENJ), salah satu program Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman untuk melakukan aksi nyata menuju poros maritim dunia. Utamanya, untuk menggerakan kepedulian pemuda terbaik Indonesia dengan mengirimkannya di pulau terpencil dan tertinggal.

Kali ini tim 2 ENJ rayon Jawa Timur jalur pemuda melakukan ekspedisi di Pulau Raas Sumenep, pada 22-31 Agustus 2017 lalu. 23 Delegasi dari berbagai daerah di Indonesia bergabung di sini. Di antara mereka ada  mahasiswa S1 dan S2, serta pemuda yang sudah bekerja.

Perjalanan panjang dari daerah masing-masing untuk berkumpul di Pelabuhan Kalianget Sumenep baru kemudian meluncur menggunakan feri selama 5 jam menuju Pulau Raas.

Penginapan delegasi di salah satu rumah warga Desa Karangnangka. Desa yang memiliki keterbatasan pasokan listrik dan hanya menyala pukul 06.00-05.00 WIB. Jenset berbahan bensin disediakan untuk menyalakan lampu rumah.

Tak hanya itu. Harga bahan pokok di Pulau Ras ini lebih mahal daripada di Surabaya. Maklum, biaya transport barang menuju Pulau Raas memang mahal.

Contohnya, bila harga LPG 3 kg di Surabaya Rp 17.000, di Pulau Raas bisa Rp 25.000.

Belum lagi akses jalan di Pulau Raas sungguh memprihatinkan. Baik jalan utama dari dermaga maupun di desa, banyak yang rusak dan hanya ditambal batu kerikil.

Itu sebabnya pelaksanaan program kerja tim 2 ENJ dibuat sesuai kebutuhan masyarakat di Pulau Raas. Ada 17 program kerja, di antaranya sosialisasi beasiswa di SMA,

Pulau Inspirasi (mengenalkan profesi, jurusan dan cita-cita kepada siswa SD), taman baca, explore pulau (mengamati masalah dan potensi di Pulau Raas), sosialisasi sumber daya alam di SMA (penyuluhan penanggulangan bencana dan konservasi lingkungan).

Ada juga program Yuk Nabung, bina kreatif warga, pengenalan internet, pembagian donasi (baju, gula dan minyak) kepada warga papa, pendidikan kesehatan PHBS, skrining kesehatan (hipertensi dan diabetes), bersih desa dan pantai, dan lain sebagainya.

Dengan adanya program ENJ diharapkan dapat membantu masyarakat di Pulau Raas. Pengabdian ENJ menjadi pengalaman menarik, terkenang seumur hidup dan menjadi bahan cerita untuk anak cucu kita nanti.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help