Surya/

Citizen Reporter

Di Puskon MK Inilah Konstitusi Diproduksi

mengapa harus ada konstitusi? siapa pembuat konstitusi dan di mana konstitusi diproduksi? Puskon MK inilah jawabannya ...

Di Puskon MK Inilah Konstitusi Diproduksi
agus buchori/citizen reporter
Salah satu sudut di dalam ruangan Puskon MK Jakarta 

Reportase Agus Buchori
Arsiparis Dinas Kearsipan Daerah Lamongan

SYARAT terbentuknya negara selain ada rakyat dan wilayah, juga ada konstitusi yang melandasi pemerintahan. Bagaimana proses konstitusi negara terbentuk dan menjadi acuan pemerintah untuk menyelenggarakan negara?

Pusat Sejarah Konstitusi (Puskon) di Mahkamah Konstitusi (MK) di Jalan Merdeka Barat No 6 Jakarta Pusat, inilah jawabannya,

Akhir Agustus 2017 lalu saya berkesempatan mengunjungi Puskon MK di lantai 5 dan 6 gedung MK. Nuansa keagungan langsung terasa begitu memasuki ruangan ini.

Pengunjung tidak dipungut uang sepeser pun. Cukup menyerahkan tanda identitas diri dan pemandu akan menjelaskan semua yang terekam di Puskon.

Puskon MK merupakan wahana edukasi yang merekam sejarah konstitusi dan MK yang disajikan dalam bentuk informasi dan karya seni.

Gambar-gambar sejarah perjuangan pembuatan konstitusi negara serta diorama sejarah disajikan secara artistik.

Ada juga alat peraga multimedia dan film tentang MK yang menjadikan informasinya kian menarik.

Pemandu Puskon MK, Siwi Kartikasari memaparkan, Puskon terbagi dalam delapan zona, yaitu pra-kemerdekaan, kemerdekaan, UUD 1945, konstitusi RIS, UUDS 1950, dan Perubahan UUD 1945 yang ada di lantai 5. Sedangkan zona MK dan cinema konstitusi dipusatkan di lantai 6.

Di lantai 5 inilah nuansa perjuangan sangat terasa. Bisa disaksikan dari diorama sidang PPKI saat merumuskan konstitusi negara. Foto-foto para panitia yang bersidang saat itu juga terpampang di sana sehingga pengunjung bisa merasakan aura para founding father bersidang membuat konstitusi yang sampai kini masih menjadi acuan pemerintah.

Puskon MK diresmikan Presiden Joko Widodo pada 19 Desember 2014, cocok menjadi wisata sejarah bagi pelajar dan masyarakat umum agar mereka mengetahui, menghargai, dan taat konstitusi (hukum) ke depannya.

“Untuk yang datang secara berombongan harus menyampaikan informasi kunjungan tujuh hari sebelum rencana kunjungan,”  imbuh Siwi Kartikasari.

Puskon MK ini buka mulai pukul 08.00 hingga 15.30 WIB setiap hari Senin sampai Jumat.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help