Surya/

Pilgub Jatim 2018

Ini Kepanjangan dari 'Halim' dan 'Ipul' Menurut Bacagub PKB Gus Ipul

Halim merujuk pada nama Ketua DPW PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar dan Ipul merupakan nama panggilannya Gus Ipul.

Ini Kepanjangan dari 'Halim' dan 'Ipul' Menurut Bacagub PKB Gus Ipul
surya/bobby constantine koloway
Calon Gubernur Jatim Saifullah Yusuf menyampaikan penjelasan didampingi Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar (kanan), Minggu (10/9/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Di sela sambutannya pada Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Minggu (10/9/2017), calon gubernur Jatim, Saifullah Yusuf, melemparkan seloroh. Ia mengungkap kepanjangan dari Halim dan Ipul.

Halim merujuk pada nama Ketua DPW PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar dan Ipul merupakan nama panggilannya Gus Ipul.

"Halim itu adalah kepanjangan dari "harapannya rela untuk mundur"," ujar Gus Ipul pada acara berlokasi di salah satu ballroom di Surabaya ini.

"Sedangkan Ipul adalah kepanjangan dari "Ikut Petunjuk Ulama", lanjut pria yang masih menjabat Wakil Gubernur Jatim ini.

"Jadi, kalau disatukan, Halim untuk Gus Ipul. Ini kombinasi yang pas untuk Jatim mendatang," lanjutnya.

Seloroh yang dilontarkan Ketua PBNU ini seakan kembali mengingatkan pada komitmen PKB yang mengusungnya sebagai calon gubernur Jatim 2018.

Komitmen ini diambil PKB sebagai langkah tindah lanjut dari rekomendasi kiai berlatar belakang Nahdlatul Ulama (NU), yang juga merupakan basis pemilih PKB.

Padahal sebelumnya, Halim yang menyandang status pimpinan PKB di Jatim, memang lebih dijagokan akan diususung oleh partai berlambang bintang sembilan ini.

Bahkan, Halim telah menciptakan salam "Holopis Kuntul Baris" sebagai jargon pemenangannya.

Tak luput, salam ini pun juga disindiri oleh Gus Ipul.

"Meskipun calonnya (yang akhirnya diusung) PKB adalah saya, namun tetap salamnya adalah Holopis Kuntul Baris," ujar Gus Ipul yang kemudian di sambut tepuk tangan peserta pertemuan.

Pada acara rapat konsolidasi ini, DPW PKB Jatim melakukan Deklarasi Pemenangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) pada Pilgub 2018.

Ada delapan poin pernyataan ikrar yang dibacakan seluruh pengurus PKB dari berbagai wilayah tersebut.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help