Surya/

Berita Surabaya

Berkat Bahasa Mandarin, Siswa ini Peroleh Beasiswa Studi di Tiongkok

Alumnus SMA Muhammadiyah 2 Surabaya ini merupakan satu-satunya siswa yang mengikuti tes seleksi dari sekolahnya.

Berkat Bahasa Mandarin, Siswa ini Peroleh Beasiswa Studi di Tiongkok
surya/habibur rohman
GARUDA 15 - Alumnus SMA Muhammadiyah 2 Surabaya Salsabillah Qonita Virchie Lestiono (jilbab merah tengah) di antara penerima beasiswa lain di Sekolah Little Sun Surabaya, Minggu (10/9/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA – Puluhan anak penerima beasiswa dari pemerintah Tiongkok berkumpul di sekolah Little Sun. mereka hadir didampingi orangtua untuk menandatangani perjanjian kerjasama untuk mengikuti program beasiswa studi Bahasa Mandarin.

Selama 4 tahun, 33 siswa tergabung dalam angkatan garuda 15 ini akan mendapatkan pendidikan sarjana secara gratis, bahkan mendapat biaya hidup.

Salah satu peserta asal Surabaya yaitu, Salsabillah Qonita Virchie Lestiono (17).

Alumnus SMA Muhammadiyah 2 Surabaya ini merupakan satu-satunya siswa yang mengikuti tes seleksi dari sekolahnya.

Bahkan ia satu-satunya yang memilih pelajaran Bahasa Mandarin untuk Ujian Nasional, hingga mendapat nilai tertinggi di angkatannya.

Bisa dibilang Salsa cukup unggul dalam menguasai bahasa Mandarin, padahal awalnya ia justru ingin menekuni bahasa Korea.

Layaknya anak zaman sekarang yang gemar drama korea, ia bahkan mengikuti kursus bahasa korea hingga 1 level.

“Papa keturunan Tionghoa, tetapi bahasa Mandarin yang dipakai ala Surabaya gitu. Kalau saya sih dari dulu disuruh belajar bahasa Mandarin nggak mau, tetapi saat sudah mengenal bahasa Korea kemudian coba Bahasa Mandarin. Malah nemu passion di Bahasa Mandarin,” ungkap gadis berhijab ini.

Setelah melalui tahap tes tulis dan wawancara menggunakan bahasa Mandarin. Bungsu dua bersaudara ini akhirnya diterima meneruskan pendidikan di Huaqiao University, Xiamen Tiongkok.

Upaya mendapat restu melanjutkan pendidikan di luar negeri juga sempat halangan dari ibunya. Pasalnya, ibunya ingin dia meneruskan pendidikan di dekat rumah.

Halaman
123
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help