Surya/

Berita Banyuwangi

Geliatkan Desa Wisata, Kemenpar Pasarkan Homestay Banyuwangi ke Travel Agen

Banyuwangi terus mengembangkan ‎desa wisata, utamanya di desa yang memiliki atraksi budaya, seperti di desa adat Kemiren.

Geliatkan Desa Wisata, Kemenpar Pasarkan Homestay Banyuwangi ke Travel Agen
surya/haorrahman
Menteri Pariwisata dan Bupati Banyuwangi, mengunjungi homestay bernuansa Rumah Osing di Kemiren Banyuwangi, Sabtu (9/9). 

SURYA.co.id I BANYUWANGI -Keberadaan homestay di desa wisata, memiliki peran penting dalam perkembangan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi rakyat.

Karena itu, Banyuwangi terus mengembangkan homestay utamanya di desa yang memiliki atraksi budaya, seperti di desa adat Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur. Kementerian Pariwisata (Kemenpar) turun melakukan pendampingan dan membantu mempromosikan homestay di Banyuwangi ke travel agen.

Banyuwangi merupakan satu dari 10 destinasi pariwisata utama Indonesia, yang ditetapkan oleh Kemenpar.

Banyuwangi dibranding dengan Majestic Banyuwangi (Kemegahan Banyuwangi). Banyuwangi dipilih karena selain memiliki keindahan alam, juga karena kebudayaan masyarakatnya yang tinggi.

Salah satunya di Kemiren. Kemiren merupakan gambaran miniatur dari Banyuwangi. Desa ini hampir seluruh masyarakatnya Suku Osing, suku asli Banyuwangi. Jejak Suku Using bisa dilihat di desa ini.

Desa ini masih memegang teguh budaya dan tradisi leluhur, yang menjadikan Kemiren ini sebagai desa adat.

"Dulu desa ini banyak pohon kemiri dan duren (durian). Jadi disebut Kemiren," kata Sucipto, sesepuh Desa Kemiren, Sabtu (9/9).

Di desa ini masyarakat masih memegang tradisi turun temurun. Bahasa yang digunakan yakni bahasa Osing. Tata ruang di desa ini juga masih terjaga. Banyak rumah warga yang bergaya rumah Suku Osing, bahkan ada rumah Osing yang telah berusia ratusan tahun.

Rumah Sucipto juga bergaya khas rumah Osing. Rumah itu memiliki pelataran luas, dengan kayu sebagai bahan dasar rumahnya.

Rumah itu bisa dipindahkan layaknya rumah Osing pada umumnya. Di rumah itulah, pernah Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert O Blake Jr, berkunjung ke rumahnya dalam rangkaian Thanksgiving Day oleh Kedutaan Besar AS, 2014 lalu.

Halaman
1234
Penulis: Haorrahman
Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help