Surya/

Citizen Reporter

Wow Ada Kapal Pesiar Merapat di Muara Bengawan Solo

bukan hanya kapal pesiar, bahkan helikopter pun merapat di Pangkahwetan, muara sungai Bengawan Solo ... wow hebat...

Wow Ada Kapal Pesiar Merapat di Muara Bengawan Solo
akmalul azmi/citizen reporter
Kapal pesiar, salah satu peserta kontes perahu hias di Festival Muara Bengawan Solo, Gresik 

Reportase Akmalul Azmi
Warga Ujungpangkah Gresik

MUARA Bengawan Solo yang terletak di Desa Pangkahwetan Kecamatan Ujungpangkah, Gresik, Jumat (25/8/2017) itu ramai dikunjungi warga yang menyaksikan Festival Muara Bengawan Solo II digagas pemerintah desa setempat.

Sedikitnya 19 perahu hias hasil kreasi nelayan sekitar Desa Pangkahwetan ambil bagian dalam lomba menyemarakan HUT ke 72 Indonesia.

Perahu yang dihias peserta merupakan perahu tradisional yang biasa dipakai nelayan untuk melaut menncari ikan.

Untuk menjadi juara kontes perahu hias, peserta harus kreatif menghias perahunya masing-masing. Tak hanya kreatif, mereka juga dituntut piawai mengemudikan perahu ke tengah lautan.

Beberapa perahu hias pun bersolek, ada yang dihias menyerupai kapal pesiar, perahu naga, hingga model helikopter. Ada pula yang dihias menyerupai ikan bandeng, udang dan lain sebagainya.

Kepala Desa Pangkahwetan, Syaifullah Mahdi menyatakan, kegiatan tersebut merupakan ajang untuk mempererat silaturahmi antar nelayan desa, selain menjadi rangkaian perayaan HUT kemerdekaan Indonesia.

"Agar interaksi nelayan terjaga dengan baik, selain itu untuk memeriahkan kemerdekaan," terang Syaifullah Mahdi yang juga berharap, ajang tersebut sebagai upaya memperkenalkan muara Bengawan Solo Pangkahwetan, mangrove dan suaka burung sebagai destinasi wisata pilihan.

Tak hanya kontes perahu hias, dalam Festival Muara Bengawan Solo II, panitia juga menggelar aneka lomba lain, seperti lomba balap dayung dan panjat pinang di pinggir sungai Bengawan Solo.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help