Surya/

Sambang Kampung

Kompak Hijaukan Bantaran Sungai, Warga Jojoran Wajib Tanam Sayur dan Buah di Rumah

Tekad warga kampung Jojoran III D RT 10/RW 12 Kelurahan Mojo, Kecamatan Gubeng, untuk menjaga kebersihan kampung patut diacungi jempol. Ini buktinya..

Kompak Hijaukan Bantaran Sungai, Warga Jojoran Wajib Tanam Sayur dan Buah di Rumah
surabaya.tribunnews.com/Ahmad Zaimul Haq
Suasana pemukiman di kampung Jojoran, Rabu (6/9). Kampung yang berada dekat dengan bantaran sungai itu, warga melakukan penghijauan di sepanjang aliran sungai. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Tekad warga kampung Jojoran III D RT 10/RW 12 Kelurahan Mojo, Kecamatan Gubeng, untuk menjaga kebersihan kampung patut diacungi jempol.

Pasalnya, sebagian wilayahnya ada di bantaran sungai dan masuk hulu sungai, sehingga warga kampung menghadapi tantangan cukup besar.

Namun, empat tahun terakhir, kampung ini, mulai membenahi kampung.

Sebagaimana disampaikan Wakil Ketua PKK RT 10 RW 12, Anis Yuniarti, kampung mereka aktif melakukan penghijauan.

“Nggak hanya di depan rumah saja, tapi kami menghijaukan wilayah bantaran sungai,” kata Anis, pada Surya, Rabu (6/9).

Ia menyebutkan, tanaman yang digalakkan untuk penghijauan di kampung pun ditentukan. Misal setiap rumah harus menanam daun jarak, puring, serai, bayam, bunga dan buah-buahan.

Salah satu buah yang banyak ditanam di kampung yang pernah menjuarai lomba lingkungan se-Kota Surabaya, adalah belimbing.

“Begitu juga untuk bantaran sungai, kami dapat arahan dari RW untuk menanam pohon di sepanjang aliran sungai. Ada yang ditanami bunga juga,” ujarnya.

Permasalahannya, menurut Anis, sungai yang ada di kampung sangat dekat dengan pintu air. Kerap terjadi warga yang membersihkan dan tidak membuang sampah ke sungai, namun mendapat sampah dari RT lain.

“Sampai ada kampung sebelah yang mencoba memasang anyaman bambu di sungai agar sampah tidak masuk ke wilayah RW 12, tapi malah menimbulkan bau akhirnya tidak jadi,” ungkap Anis.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help