Surya/

Road to Election

Ketua PKPI Jatim Siap Maju Pilgub Jatim. Tetapi Ada Syaratnya

Ketua DPP PKPI, Hadiatmoko, mengaku siap ikut bertarung dalam Pilkada Jatim. Tetapi ada syaratnya. Inilah persyaratannya....

Ketua PKPI Jatim Siap Maju Pilgub Jatim. Tetapi Ada Syaratnya
surabaya.tribunnews.com/Bobby Constantine Koloway
Ketua Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Jatim, Irjen Pol (Purn) Hadiatmoko, memberikan sambutan pada acara Tasyakuran Atas Vonis Bebas Dahlan Iskan di kantor DPP PKPI Jatim, Kamis (7/9/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Ketua Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Jatim, Irjen Pol (Purn) Hadiatmoko, ikut angkat bicara soal peluang di pilkada tahun depan.

Menurut Hadiatmoko, saat ini semua pihak memiliki peluang yang sama untuk mencalonkan diri sebagai kandidat gubernur, termasuk dirinya.

"Saya selalu optimis. Apabila ketua umum (AM Hendropriono, Ketua Umum PKPI) telah mengeluarkan rekomendasi kepada saya untuk maju, saya siap," tegas Hadiatmoko kepada Surya, Kamis (7/9/2017).

Sayangnya, untuk memenuhi syarat pencalonan tersebut, PKPI belum memiliki syarat yang cukup untuk mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Di antaranya, dukungan minimal 20 kursi anggota DPRD Jatim.

Untuk diketahui, saat ini tak satupun anggota PKPI yang masuk di parlemen.

Menanggapi hal ini, Hadiatmoko menegaskan pihaknya tak akan mendaftarkan diri sebagai calon gubernur di partai manapun.

Menurutnya, pendaftaran di tingkat daerah tak sekadar formalitas elit partai di daerah saja.

Sebab, rekomendasi terkait Pilkada dikeluarkan oleh DPP, bukan pengurus daerah.

"Saya bicara soal sistem saja. Sistem mendaftar ke KPU itu yang paling dihargai itu SK (Surat Keputusan) dari mana? DPP toh? Kalau keputusan dari pengurus kabupaten/kota bisa nggak dianulir?", ujarnya diplomatis.

Halaman
123
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help