Surya/

Road to Election

Ini Hasil Pertemuan Pakde Karwo dan SBY Terkait Sikap Demokrat di Pilkada Jatim

Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, Soekarwo, bertemu dengan Ketum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono membahas Pilkada Jatim. Lalu apa hasilnya?

Ini Hasil Pertemuan Pakde Karwo dan SBY Terkait Sikap Demokrat di Pilkada Jatim
surya/ahmad zaimul haq
(Arsip)Pakde Karwo (kanan) mendampingi SBY saat acara Temu Kader Demokrat di Hotel Bumi Surabaya, 14 Oktober 2015 silam. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jatim, Soekarwo, mengadakan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Rabu (6/9/2017).

Secara spesifik, pertemuan tersebut membahas persiapan partai Demokrat jelang penyelenggaraan pilkada Jatim tahun depan.

Berdasarkan penjelasan pria yang akrab disapa Pakde Karwo tersebut, pertemuan ini membahas persiapan konsolidasi pengurus di tataran pengurus ranting.

"Kami membahas konsolidasi di tingkat ranting," ujar Pakde di Surabaya, Kamis (7/9/2017).

Terkait nama yang diusung oleh partai berlambang segitiga mercy ini, Pakde menegaskan bahwa pihaknya belum bisa memutuskan dalam jangka waktu dekat.

Kemungkinan besar, keputusan tersebut baru akan keluar pada November mendatang atau dua bulan menjelang pendaftaran calon gubernur di KPU dibuka secara resmi.

"Sekitar November (keputusan keluar). Kalau rekomnya menjelang pendaftaran sekitar Desember," lanjut pria yang juga menjabat Gubernur Jatim ini.

Saat ini, pembahasan calon yang diusung bukan hanya berada di tataran daerah, namun juga berada di tingkat pengurus pusat.

"Untuk keputusan, tentu nanti yang memiliki kewenangan adalh Majelis Tinggi Partai yang Diketuai Pak SBY. Beliau yang berwenang," ujar pria yang juga anggota Majelis Tinggi Partai DPP Demokrat ini.

Dalam waktu dekat, Demokrat rencananya akan melakukan fit and proper test terhadap bakal calon gubernur yang mendaftar di partainya.

Tahapan ini berupa penyampaian visi dan misi oleh bakal calon gubernur.

Untuk diketahui, berdasarkan masa pendaftaran yang dibuka selama dua pekan, lima bacagub mendaftar di partai yang memiliki 13 kursi di DPRD Jatim ini.

Mereka yang mendaftar adalah Saifullah Yusuf (Wakil Gubernur Jatim), Nurhayati Ali Assegaf (Wakil Ketua DPP Demokrat, Anggota DPR RI), Nurwiyatno (Kelapa Inspektorat Jatim), La Nyalla Mattalitti (Ketua Kamar Dagang dan Industri/Kadin Jatim), hingga Kombes (Pol) Syafiin (Perwira Polisi).

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help