Surya/

Cara Mengombinasi Makanan Sehat

Roti dan Selai Tidak Boleh Dimakan Bersamaan, Apa Alasannya?

Salah mengombinasi makanan bisa membuat perut kembung dan gangguan pencernaan. Misalnya roti dan selai. Berikut cara mengombinasi makanan yang tepat.

Roti dan Selai Tidak Boleh Dimakan Bersamaan, Apa Alasannya?
ist

Surya.co.id | SURABAYA - Konsep hidup sehat sebenarnya bisa dimulai dengan memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Selain memilih bahan makanan yang berkualitas, kita juga harus memperhatikan kombinasi makanan tersebut, seperti konsep empat sehat lima sempurna pada umumnya.

Dilansir dari Boldsky, sebagian orang masih sering salah mengombinasi makanan yang mereka konsumsi. Padahal beberapa makanan bergizi, sangat baik saat dikonsumsi tanpa campuran apapun.

Berikut kesalalahan dalam mengombinasi makanan, yang masih sering dilakukan sebagian orang.

1. Roti dan selai
Meski kebanyakan dari kita menikmati roti dan selai saat kecil, ini bukan kombinasi yang bagus. Roti putih adalah olahan tepung, sementara selai adalah gula. Kombinasi ini kadar gula naik dan turun. Jika ingin menggunakan selai, maka sebaiknya gunakan roti coklat yang tidak mengandung ragi.

2. Soda dan Pizza
Mengkonsumsi pati, protein dan karbohidrat sekaligus bisa membebani sistem pencernaan Anda. Dan jika Anda minum soda manis bersama dengan pizza, Anda hanya memperlambat proses pencernaan. Tak heran jika setelahnya anda mungkin merasa kembung.

3. Pasta keju
Jika Anda menyukai pasta, hindari menggunakan tomat atau keju di dalamnya karena keduanya mungkin menghambat pencernaan pati yang ada dalam pasta. Sebaiknya tambahkan sayuran hijau atau sayuran panggang ke pasta.

4. Susu Coklat Kakao dapat mempengaruhi penyerapan kalsium karena mengandung asam oksalat. Bila Anda mengonsumsi kakao bersama dengan sumber makanan kalsium seperti susu, itu bisa membentuk kristal oksalat, sehingga mengganggu ginjal Anda. Jika Anda adalah penggemar cokelat panas, maka gunakan susu skim untuk meningkatkan penyerapan oksalat.

5. Telur Dengan daging
Makan telur dan daging mungkin bukan keputusan yang bijak, karena membutuhkan begitu banyak energi untuk mencernanya. Sebaiknya anda makan telur bersama dengan tomat bukan bacon. Asam dari tomat dapat membantu proses pencernaan. Selain itu, lycopene dari tomat dan vitamin E dari telur bisa berjalan dengan baik.

6. Jus Jeruk Dengan Sereal
Beberapa orang menyukai sereal sebagai menu sarapan dengan jus jeruk. Namun sayangnya ini bukan kombinasi yang bagus. Anda mungkin merasa berat. Selain itu, asam yang hadir dalam jeruk bisa mengganggu pencernaan karbohidrat. Namun jika anda mempertahankan selisih satu jam antara sereal dan jus jeruk maka semuanya akan baik-baik saja.

7. Salad Dengan Jus Lemon
Jika anda suka makan salad, anda perlu ingat bahwa nutrisi yang ada di sayuran tersebut mungkin membutuhkan lemak sehat untuk diserap. Jika anda memiliki kebiasaan menggunakan lemon di salad anda, cobalah menambahkan satu sendok minyak zaitun atau alpukat ke salad anda untuk mendapatkan sedikit lemak.

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help