Grahadi

Beranda Grahadi

e-Smart Samsat Hadirkan Kemudahan Urus Pajak Kendaraan

Aplikasi e-Smart Samsat merupakan inovasi terbaru dari Bapenda Jatim bekerjasama dengan Polda Jatim. Aplikasi tersebut melengkapi inovasi-inovasi...

e-Smart Samsat Hadirkan Kemudahan Urus Pajak Kendaraan
Ist/Humas Pemprov Jatim
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Akhmad Sukardi saat Launching “e-Smart Samsat” di Kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jatim, Jalan Manyar Surabaya, Rabu (6/9/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Hadirnya system layanan Samsat terintegrasi berbasis teknologi informasi (TI) dengan platform android bernama “e-Smart Samsat” akan memudahkan masyarakat dalam mengurus pajak kendaraan bermotor. Melalui aplikasi e-Smart Samsat, masyarakat dapat mengurus pajak kendaraannya cukup melalui smartphone.

“Urusan kendaraan bermotor tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. Karena itu, dengan hadirnya e-Smart Samsat, layanan samsat kini menjadi lebih mudah, cepat, transparan dan modern”

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Akhmad Sukardi saat Launching “e-Smart Samsat” di Kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jatim, Jalan Manyar Surabaya, Rabu (6/9/2017).

Sukardi mengatakan, salah satu kemudahan yang dihadirkan oleh e-Smart Samsat adalah fasilitas membayar pajak lewat smartphone. Dengan begitu, masyarakat, khususnya wajib pajak bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja. Sehingga dapat memangkas jarak, waktu dan tenaga.

Aplikasi e-Smart Samsat merupakan inovasi terbaru dari Bapenda Jatim bekerjasama dengan Polda Jatim. Aplikasi tersebut melengkapi inovasi-inovasi terdahulu terkait pelayanan samsat yang selalu baru dimunculkan oleh Bapenda Provinsi Jatim dan Ditlantas Polda Jatim.

Masih menurut Sukardi, di Jatim saat ini telah ada berbagai inovasi yang memudahkan wajib pajak melakukan pembayaran, mulai Samsat Drive Thru, Samsat Mobile, e-Samsat, Samsat Corner, Samsat Payment Point, Samsat Pembantu dan ATM Samsat.

“Dengan IT semua jadi aman dan nyaman. Untuk itu TI harus dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik sesuai tuntutan masyarakat. Contohnya e-Smart Samsat. Semoga Jatim tetap terdepan dan menjadi guru bagi provinsi lain dan selalu lahir inovasi baru setiap tahun," ujarnya.

Hadirkan Inovasi TI untuk Permudah Layanan

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Drs. Machfud Arifin SH mengatakan, seiring perkembangan jaman, TI benar-benar terbukti dan dimanfaatkan oleh seluruh pihak untuk mempermudah layanan dan menggaet konsumen. Karena itu, Polda Jatim juga terus menghadirkan inovasi TI demi meningkatkan pelayanan kepada masyrakat.

“Sekarang kita cari hotel dan travel cukup via smartphone. Rekening juga di handphone. Tentara saja juga pakai teknologi untuk ukur tembakan, jadi teknologi harus benar-benar dimanfaatkan. Karena itu, kami selalu menghadirkan inovasi berbasis TI guna memudahkan masyarakat," jelasnya.

Di jajaran Polda Jatim, lanjutnya, berbagai inovasi TI telah dilahirkan. Machmud mencontohkan, inovasi pelayanan pendaftaran SKCK secara online, kemudian panic button untuk mendapat bantuan polisi di seluruh Polres/ta se-Jatim, lalu ada inovasi dari Polres Magetan yang bisa memberikan peringatan jika masa berlaku SIM akan habis.

Usai peluncuran e-Smart Samsat, Machmud beserta jajarannya terus berupaya malahirkan inovasi TI. Salah satunya, ia mengusulkan adanya chip yang dipasang di kendaraan bermotor.

"Chip bisa digunakan untuk mengetahui data kendaraan tersebut asli atau palsu," katanya.

Unduh Aplikasi e-Smart Samsat Gratis

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Jatim, Kombes Pol Ibnu Isticha mengatakan, aplikasi e-Smart Samsat dapat diunduh secara gratis dari google playstore lewat smartphone berbasis Android. Seusai mengunduh, pengguna langsung dapat mengakses berbagai faslitas andalan dalam aplikasi tersebut.

Diantaranya, menu untuk mengecek jumlah pajak tahunan dan lima tahunan, serta mutasi kendaraan hingga pajak progresif, perubahan (ubah bentuk, ganti warna, ganti nopol, dan kepemilikan. Ada juga pendaftaran kendaran baru, mutasi masuk, hingga pajak progresif. (hms)

Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help