Surya/

Berita Bisnis

Banyak Seri Baru, Pembiayaan Kredit Mobil Naik 5 Persen

Sebelumnya Adira mencatat penyaluran pembiayaan masih di kisaran Rp 300 miliar per bulan.

Banyak Seri Baru, Pembiayaan Kredit Mobil Naik 5 Persen
surya/sugiharto
Ilustrasi, pengunjung mendatangi pameran mobil di Grand City beberapa waktu lalu. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pembiayaan Kredit kendaraan bermotor untuk mobil menjelang semester II tahun 2017 ini diprediksi bergairah dan akan tumbuh lebih banyak lagi.

Hal ini berdasarkan kondisi pasar yang mulai bergairah dengan banyaknya seri baru mobil yang dipamerkan di ajang Gaikindo Internasional Indonesia Auto Show (GIIAS) 2017 beberapa waktu yang lalu.

"Saat ini saja pasar maupun pembiayaan untuk segmen kredit mobil sudah naik 5 persen. Targetnya di semester II akan tumbuh lebih tinggi lagi, mengingat masih ada seri baru yang pesanan sudah mencapai 1.000 unit tapi unitnya belum hadir di masyarakat," jelas Sugeng Hariadi, Head of Region Sales and Disribution Jatim PT Adira Finance, Selasa (5/9/2017).

Seri mobil baru yang dimaksud Sugeng adalah Mitsubishi Xpander, seri Mini MPV yang sudah dilaunching dan ditarget pertengahan bulan September ini, baru akan hadir di tangan konsumen pemesan.

Selain itu, juga masih ada seri baru di merek Suzuki, Honda, dan Toyota yang bersiap menandakan pasar penjualan otomotif yang sekaligus menarik kenaikan bagi industri pembiayaan.

Sementara terkait motor, diakui Sugeng di semester I tahun 2017 mengalami penurunan hingga 3 persen.

"Baik di pasar maupun di Adira sendiri. Tapi kami tetap optimis semester II motor akan ikut tumbuh," lanjutnya.

Karena komposisi revenue di semester I dan II, memiliki komposisi 40 persen banding 60 persen. Sehingga pihaknya siap menggenjot pembiayaan di semester II ini.

Salah satu upaya yang dilakukan Adira untuk mendongkrak revenue di semester II ini adalah dengan menyiapkan tim khusus terdiri atas 30 orang untuk mendukung penjualan. Terutama di segmen pembiayaan kepemilikan mobil.

Mengingat komposisi pembiayaan yang dilayani Adira sudah 55 persen mobil, 45 persen motor.

Selain itu, Sugeng yang baru menjabat di Jatim sejak 1 Agustus 2017 ini mentargetkan per bulan bisa mengucurkan pembiayaan hingga Rp 390 miliar hingga akhir tahun.

Sebelumnya Adira mencatat penyaluran pembiayaan masih di kisaran Rp 300 miliar per bulan.

Di Jatim, Adira didukung 26 kantor cabang dan 58 kantor cabang pembantu.

Condro Wibowo Sutanto, Marketing Manager Adira Finance Jatim, menambahkan, langkah lain yang dilakukan Adira untuk menggaet nasabah adalah layanan via digital.

"Saat ini kami sudah ada aplikasi Akses Adira Finance yang memberikan layanan kemudahan bagi konsumen. Kami juga menempel e-commerce otomotif, dimana setiap ada pembaca yang minat dengan iklan itu, bisa mendapatkan gambaran atau skema kredit melalui Adira," jelas Condro.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help