Surya/

Citizen Reporter

Jika Penulis Cilik Indonesia Mengikuti Konferensi

dongeng dan cerita lekat dengan anak-anak yang melambungkan fantasi mereka.. itu yang muncul di konferensi penulis cilik Indonesia ini ...

Jika Penulis Cilik Indonesia Mengikuti Konferensi
anang pujimanto/citizen reporter
Penulis cilik 

Reportase Anang Pujimanto
Staf SD Muhammadiyah 4 Pucang, Surabaya

“Saya waktu itu masih kelas 1 dan menjadi peserta termuda yang ikut Konferensi Penulis Cilik Indonesia di Bogor, meski jauh dari orangtua tetapi senang karena bertemu dan berkenalan dengan teman-teman baru dari Sabang sampai Merauke. Seru banget..."

NAURA Athaya berbagi pengalamannya dalam roadshow Konferensi Penulis Cilik Indonesia (KPCI) dan Apresiasi Sastra Siswa Sekolah Dasar (AS3D) yang dihajat Penerbit Mizan bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Selasa (22/8/2017) di aula Din Syamsudin SD Muhammadiyah 4 Surabaya.

Diikuti pelajar perwakilan dari SD Muhammadiyah Manyar Gresik, SD Muhammadiyah GKB Gresik, SD Muhammadiyah Pasuruan, SD Muhammadiyah 10 Surabaya, SD Muhammadiyah 11 Surabaya, SD Lukmanul Hakim Surabaya, SDN Pucang Jajar, dan tuan rumah SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya.

Naura Athaya, biasa disapa Atha yang kini kelas 4 SD ini merupakan salah satu peserta lomba AS3D kategori mendongeng tahun 2014. Karya dongengnya masuk 165 besar finalis se Indonesia.

“Ayo teman-teman buat karyamu, tidak boleh menyerah, harus semangat, mencoba dan terus mencoba, dalam hidup tak ada yang tidak mungkin kalau kita mau berusaha,” pesan Atha.

Sementara Fida Zalfa, alumnus KPCI 2014 yang ikut hadir adalah peserta lomba AS3D kategori cerpen pemula. Fida (kini kelas 9 SMP) juga memotivasi pelajar yang hadir.

“Jangan menyerah, terus menulis, jika kalah jangan putus asa, kekalahan itu berkah agar kita lebih berlatih lagi,” ujar Fida.

Surabaya menjadi kota kedelapan yang dikunjungi roadshow KPCI AS3D.

“Apresiasi Sastra Siswa ini merupakan ajang menjaring bakat-bakat siswa khususnya Sekolah Dasar dalam membuat karya sastra, ada lima kategori yang dilombakan yaitu dongeng, syair, pantun, cerpen tingkat penulis, dan cerpen tingkat pemula, karya dikirim ke Penerbit Mizan di Bandung atau Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta,” terang Kak Mida, Ketua Panitia Roadshow KPCI 2017.

Karya-karya yang terkumpul, lanjut Kak Mida, akan diseleksi oleh tim juri yang terdiri dari 15 orang. Satu kategori akan diseleksi oleh tiga juri dan akan diambil 165 finalis untuk menghadiri puncak  acara KPCI.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help