Surya/

Lapor Cak

Proyek Box Culvert Wiyung Sedang Dikebut Sampai Unesa

Proyek box culvert tersebut akan menjadi penambah kapasitas jalan Raya Menganti hingga dua kali lipat dengan menutup sungai.

Proyek Box Culvert Wiyung Sedang Dikebut Sampai Unesa
surabaya.tribunnews.com/Ahmad Zaimul Haq
Pembangunan jalan kembar di kawasan Wiyung yang mengalami longsor sehingga ruas jalan yang digunakan tinggal satu lajur dan menimbulkan kemacetan, Minggu (3/9). Selain longsor efek pengerjaan jalan itu tidak mengalirnya air pdam di kawasan Babatan Pilang karena adanya pipa pdam yang bocor. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya Ganjar Siswo Pramono menegaskan, pengerjaan proyek box culvert di kawasan Wiyung kini memang sedang dikebut.

Proyek box culvert tersebut akan menjadi penambah kapasitas jalan Raya Menganti hingga dua kali lipat dengan menutup sungai di sana dengan box culvert dan bagian atasnya digunakan untuk jalan.

"Saat ini memang sedang ada pengerjaan di sana. Untuk meneruskan pemasangan box culvert sekitar 1,6 kilometer. Nanti diteruskan sampai pertigaan Unesa," kata Ganjar.

Menurutnya proyek box culvert tersebut selain mengatasi kemacetan juga akan menyelesaian permasalahan banjir yang ada di kawasan Babatan. Sebab akan ada normalisasi sungai dan saluran juga sehingga jalur air juga akan lebih besar.

(Baca: Proyek Wiyung Ambles, Bikin Lumpuh Separo Jalan dan Merusak Jaringan Pipa PDAM)

Terkait longsornya proyek pihaknya menjanjikan akan segera ada perbaikan dari kontraktor pelaksana proyek box culvert tersebut.

Sementara itu Manager Humas dan Arsip PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Ari Bimo Sakti menyebutkan saat ini site pile untuk pengamanan proyek di Wiyung sudah disiapkan.

Pihaknya menunggu pemasangan site pile di lokasi longsor baru tim teknis dari PDAM akan mulai bergerak mengerjakan jaringan pipa PDAM yang tertimbun longsor dan mengalami patah pipa.

"Berdasarkan pemantauan di lapangan site pile sudah disiapkan dan sedang disiapkan untuk dipasangkan di kawasan proyek yang longsor," ucap Bimo.

Jika site pile sudah dipasang, barulah penyambungan pipa PDAM akan dilalukan malam ini dan mengupayakan rampung di hari ini juga. Sehingga besok warga kawasan terdampak sudah bisa menikmati layanan air bersih dari PDAM kembali.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help