Surya/

Berita Gresik

Ikuti Gerakan #AyoMenulis, Ribuan Anak Pulau Bawean Tulis Surat untuk Para Pemimpin

Kegiatan diinisiasi perusahaan alat tulis Indonesia, PT Standardpen Industries di Sangkapura, Bawean itu digelar pada Rabu (30/8/2017).

Ikuti Gerakan #AyoMenulis, Ribuan Anak Pulau Bawean Tulis Surat untuk Para Pemimpin
foto: istimewa
Para pelajar SD di Pulau Bawean tampil dalam kegiatan #ayomenulis bersama Standartnya, Rabu (30/8/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sekitra 1.500 anak Sekolah Dasar (SD) di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, menjadi peserta kegiatan #ayomenulis.

Kegiatan diinisiasi perusahaan alat tulis Indonesia, PT Standardpen Industries di Sangkapura, Bawean itu digelar pada Rabu (30/8/2017).

Dalam kegiatan tahun kedua ini, para pelajar menulis surat untuk pemimpin, antara lain Presiden RI Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul.

“Ada banyak cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk memupuk semangat dalam pengenalan literasi pada anak. Dari ajakan membaca 15 menit, menulis 15 menit hingga gerakan #seninmenulis 15 menit di seluruh sekolah,” kata Nury Sybli, pegiat literasi yang mengawal kegiatan.

Dia menjelaskan, kegiatan menulis surat untuk pemimpin negeri ini diharapkan menjadi pengalaman yang bernilai dan menjadi tradisi bagi anak-anak dalam menulis dengan tangan.

“Menulis selain mengasah kinerja otak juga dapat membantu anak-anak menjadi kreatif. Kami mengandalkan guru dan orang tua untuk dapat membantu melestarikan menulis dengan tangan,” jelas Nury.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf yang akrab dipanggil Gus Ipul merasa terpanggil dengan ajakan gerakan literasi di Pulau Bawean ini.

“Saya ingin anak-anak di Pulau Bawean bisa memberi contoh pada anak-anak di pesisir lainnya bahkan anak perkotaan, bahwa anak pulau juga bisa berprestasi dan anak Bawean juga belajarnya giat,” kata Gus Ipul.

Mohammad Asrul Iskandar, siswa kelas VI SDN I Teluk Jati Dawang menulis surat untuk Gus Ipul atau Wakil Gubernur, “Gus, di Pulau Bawean ini banyak pariwisatanya, jadi banyak turis. Kapan Gus Ipul datang ke Bawean?”

Berbeda dengan Ahmad Fajar siswa kelas VI SDN 4 Tambak yang mengaku bangga kepada Bapak Presiden RI Joko Widodo yang sudah bersemangat memimpin Indonesia dan mensejahterakan masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help