Surya/

Liputan Khusus

Laporan Khusus E-Tilang - Uang Pembayaran Denda Tilang Langung Masuk Rekening Kejagung

Denda tilang maksimal yang dibayarkan pelanggar lalu lintas, sejak diberlakukannya E-Tilang, langsung masuk ke rekening Kejaksaan Agung.

Laporan Khusus E-Tilang - Uang Pembayaran Denda Tilang Langung Masuk Rekening Kejagung
katadata
alur pembayaran denda tilang melalui e-tilang 

SURYA.co.id | SURABAYA – Semua denda maksimal yang dibayar pelanggar lalin via e-tilang langsung masuk ke rekening penampungan Kejaksaan Agung (Kejagung).

Untuk itu, Kantor Wilayah BRI tidak bisa menghitung secara rijit total denda tilang yang masuk di wilayah kerjanya. Kembalian sisa denda maksimal pun diambil dari rekening tersebut.

Menurut Kepala Kanwil BRI Surabaya Ebenezer Girsang, pembayaran denda maksimal e-tilang di wilayahnya paling banyak di luar Kota Surabaya, seperti Tuban. Sementara untuk wilayah Surabaya, pembayaran via program ini bukan yang terbesar.

Seperti diketahui, program e-tilang baru belum lama berjalan di Jawa Timur. Program ini baru berjalan Februari lalu di Surabaya.

“Sistem e-tilang sebenarnya sudah ideal. Sudah dirancang sistem pembayarannya tidak di lapangan. Masyarakat langsung membayar ke bank atau lewat ATM (Anjungan Tunai Mandiri),” katanya.

Pihaknya selama ini hanya bertugas menyampaikan sistem tersebut ke semua unit kerja. Itu agar tidak ada unit kerja yang tak melayani pembayaran atau pengembalian sisa denda maksimal dengan berbagai persyaratannya. Toh, sistem untuk itu pun sudah ada tiap-tiap unit kerja.

Ihwal sinkronisasi data antara kepolisian, kejaksaan, dan BRI di Jawa Timur, menurut Kepala Bagian E-Banking and Card Kanwil BRI Surabaya Dewi Andjarsari, bukan wewenang Kanwil BRI Surabaya.

“Itu tidak di kami. Selama ini, kami belum pernah menerima laporan (sistem e-tilang) eror,” ungkap dia. (fla/ufi)

(Baca: Laporan Khusus E-Tilang - Banyak Warga Surabaya Tak Lewati Prosedur Pembayaran e-Tilang)

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help