Surya/

Liputan Khusus

Laporan Khusus E-Tilang - Cukup SMS atau WA, Urusan Tilang Beres

Anda kena tilang di Surabaya tapi tak punya waktu untuk ambil STNK dan SIM yang disita? Jangan khawatir, bisa pakai SMS atau WhatsApp kok. Ini caranya

Laporan Khusus E-Tilang - Cukup SMS atau WA, Urusan Tilang Beres
surabaya.tribunnews.com/M Taufik
Petugas Kejaksaan saat mengantarkan tilang ke rumah warga yang memanfaatkan Layanan delivery tilang Kejari Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Bagi warga Surabaya yang kena tilang karena melanggar aturan lalu lintas namun tidak punya waktu untuk mengurus tilang, tak perlu repot datang ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya untuk mengambil SIM atau STNK yang kena tilang.

Cukup mengirim pesan singkat (SMS) atau WhatsApp (WA), nanti sudah ada petugas yang mengantarkan SIM atau STNK langsung ke rumah.

Memang, sebelum tilang elektronik (e-tilang) diberlakukan secara nasional, ternyata Kejari Surabaya sudah punya program layanan antar tilang yang memudahkan warga Surabaya. Layanan unggulan Kejari Surabaya itu bernama Delivery Tilang dan Drive-thru Tilang.

(Baca: Laporan Khusus E-Tilang - Bagus Kaget Kena Tilang Rp 1,5 Juta)

Layanan Delivery Tilang atau disebut Si Anti Ribet (Siap Antar Tilang ke Rumah dengan Cepat) sudah berlaku sejak 21 Juni 2016.

Caranya cukup kirim SMS atau pesan WA ke nomor 08585.1996.000, SIM atau STNK yang sebelumnya disita petugas akan diantar ke rumah.

“Warga yang memanfaatkan layanan ini cukup menyiapkan uang denda tilang sesuai putusan pengadilan, plus Rp 20.000 untuk jasa pengirimannya,” ungkap Kepala Kejari Surabaya Didik Farkhan, Kamis (24/8/2017).

(Baca: Laporan Khusus E-Tilang - Ingat, Slip Merah Sudah Tidak Berlaku!)

Dalam layanan ini, jika melalui SMS cukup kirim nomor pelanggar, nomor tilang dan tanggal sidang.

Sedangkan lewat WA, cukup mengirimkan foto surat tilang saja dengan mencantumkan alamat untuk petugas pengantar.

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help