Surya/

Liputan Khusus

Laporan Khusus E-Tilang - Banyak Warga Surabaya Tak Lewati Prosedur Pembayaran e-Tilang

Sejak diberlakukannya E-Tilang, proses pembayaran denda tilang harusnya lewat bank. Tetapi banyak yang potong kompas, langsung bayar ke Kejaksaan.

Laporan Khusus E-Tilang - Banyak Warga Surabaya Tak Lewati Prosedur Pembayaran e-Tilang
surabaya.tribunnews.com/M Taufik
Surat tilang dan slip pembayaran melalui transfer bank yang menunjukkan nilai denda tilang hingga Rp 1,5 juta. 

SURYA.co.id | SURABAYA – Jika merujuk pada aturan, proses pembayaran e-Tilang harus dilakukan via bank. Namun, banyak warga Surabaya yang terkena e-tilang memilih untuk membayar langsung ke kejaksaan setelah waktu sidang.

Menurut Kepala Bagian E-Banking and Card Kanwil BRI Surabaya Dewi Andjarsari, prosedur itu sebenarnya tidak sesuai dengan mekanisme yang sudah ditetapkan.

Kanwil BRI Surabaya juga bekerja sama dengan Kejaksaan Negeri Surabaya untuk pembayaran tilang.

BRI menyediakan stan di Kejari untuk layanan yang bukan bagian dari e-tilang ini. Masalahnya, warga yang terkena e-tilang bisa membayar langsung dengan cara bukan e-tilang. Alhasil, banyak yang pembayaran via e-tilang yang tak tuntas.

“Kan begitu dia ditilang, dia mendapat nomor virtual account. Itu dia harus membayar denda maksimal. Akhirnya, mereka memilih datang langsung ke kejaksaan. Dia bayar ke kejaksaan. Itu sebenarnya tidak sesuai dengan prosedur pembayaran e-tilang,” kata dia kepada Surya.

(Baca: Laporan Khusus E-Tilang - Bagus Kaget Kena Tilang Rp 1,5 Juta)

Prosedur pengenaan e-tilang hingga pengembalian uang sisa denda maksimal tercatat di aplikasi kepolisian. Akibat banyaknya warga Surabaya yang tak menuntaskan setiap tahapan tersebut.

Kepala Kanwil BRI Surabaya Ebenezer Girsang berpendapat, sistem e-tilang sebanarnya sudah ideal. Namun apabila harus ada pembenahan untuk masyarakat, hal itu menjadi wewenang semua pihak.

“Jadi mungkin pihak kepolisian memperbaiki (alur), perbankkan mempercepat (proses), sehingga masyarakat tidak mencari-cari jalan pintas. Karena ini sudah bagus,” ungkapnya. (fla/ufi)

(Baca: Laporan Khusus E-Tilang - Uang Pembayaran Denda Tilang Langung Masuk Rekening Kejagung)

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help