Gibran Ingin Buka Markobar di Seluruh Indonesia, Tapi Ia Ngaku di Papua Susah, Kenapa?

Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo, ingin gerai Martabak Kota Baru alias Markobar hadir di seluruh kota di Indonesia.

Gibran Ingin Buka Markobar di Seluruh Indonesia, Tapi Ia Ngaku di Papua Susah, Kenapa?
kompas/garu andrew lotulung
Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo saat wawancara eksklusif dengan Kompas.com, di Solo, Jawa Tengah, Minggu (27/8/2017). 

SURYA.co.id | SOLO - Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo, ingin gerai Martabak Kota Baru alias Markobar hadir di seluruh kota di Indonesia, termasuk Papua.

Markobar merupakan salah usaha kuliner milik Gibran.

Namun, Gibran mengaku sulit untuk mewujudkan keinginannya tersebut.

"Target saya memang di seluruh Indonesia. Tapi ada beberapa tempat itu distribusi bahannya kurang. Kalau Papua agak susah," ujar Gibran di Solo, Jawa Tengah, Minggu (27/8/2017).

Gibran mengaku, pernah mencoba distribusi bahan-bahan Markobar ke Papua menggunakan salah satu program pemerintah, yakni Tol Laut.

Bahan-bahan makanan dikirim dari Pulau Jawa ke Papua melalui kapal besar.

Akan tetapi, waktu tempuhnya terlalu lama untuk mengangkut bahan makanan.

"(Pakai Tol Laut) lama. Aku sudah pernah coba, lama. Nanti barang- barangnya keburu busuk," ujar dia.

Oleh sebab itu, keinginannya untuk membuka gerai Markobar di penjuru Indonesia belum terwujud.

Saat ini, Markobar sudah memiliki 29 gerai di sejumlah kota besar di Indonesia, di antaranya di Medan, Sumatera Utara, dan Manado, Sulawesi Utara.

"(Omzetnya) lumayanlah dikit-dikit. Meski dibandingkan Chili Pari, masih (lebih) tinggi Chili Pari. Tapi prospeknya luar biasa sih, kita bisa menyesuaikan dana untuk buka cabang," ujar Gibran.

"Dari awal kan sudah enggak ada suntikan dana. Jadi ya kalau mau buka (cabang di kota lain), ya buka saja. Dananya itu kita puter terus," lanjut dia. (Fabian Januarius Kuwado)

Berita ini sudah tayang di kompas.com dengan judul : Cerita Gibran Belum Bisa Buka Markobar di Papua meski Sudah Pakai Tol Laut

Editor: Titis Jati Permata
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help