Surya/

Sambang Kampung

Sambang Kampung Kalijudan - Warga Butuh Pendampingan untuk Pinjaman Modal

Pengusaha kecap di kampung Kalijudan, Surabaya, mengaku bahwa kendala utama yang dihadapi pengusaha kecil sepertinya adalah modal.

Sambang Kampung Kalijudan - Warga Butuh Pendampingan untuk Pinjaman Modal
surabaya.tribunnews.com/Ahmad Zaimul Haq
Muhammad Jajuli, distributor kecap Tawon Madu yang menjalankan usaha turun temurun warga di Kampung Kalijudan. Berawal dari kedua orang tua yang juga pegawai di slaah satu pabrik kecap ternama di Surabaya. Kakak Kjajuli mulai mengembangkan produk kecap dengan merk Mata Dua. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Koordinasi RW dan kelurahan memberi kesempatan bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk tetap bertahan.

Staf Kelurahan Kalijudan, Kecamatan Mulyorejo, Mahezha Zendha Aunur Natzir, mengatakan, kelurahan memiliki pendataan kegiatan warga yang membangun usaha, baik rumahan atau skala besar.

“Di Kampung kami banyak yang usaha makanan. Itu jadi produk unggulan,” ungkap Mahezha, Senin (28/8).

Terkait itu, pihaknya selalu berkoordinasi dengan kecamatan untuk pengawasan UKM warga. Jika UKM memiliki kendala maka menjadi bahan laporan untuk diteruskan ke Pemkot Surabaya.

Muhammad Jajuli, Distributor Kecap Tawon Madu menjelaskan, selama ini UKM selalu terkendala modal. Apalagi, untuk memroduksi skala besar dan menekan harga produksi, butuh modal yang cukup besar.

“Permintaan kecap kami ya cukup banyak, sudah ada langganan dan pasar. Tetapi kami belum bisa memroduksi lebih banyak karena terkendala modal,” paparnya.

Selama produk UKM dikenal maka produsen bisa tetap produksi. Seperti kecap merek Mata Dua yang saat ini harus berhenti produksi. Berganti dengan produksi kecap ‘Tawon Madu’, milik adiknya.

"Keuntungan pembuatan kecap ini sedikit sekali, asal bisa bertahan saja itu sudah bagus,” katanya.
Konsumen saat ini, lanjut Jajuli, tidak melihat rasa dan kualitas, namun lebih melihat harga yang murah. Karena itu, ia berharap pemerintah setempat, yakni kelurahan dapat memberikan fasilitas berupa pinjaman modal atau lainnya, yang bertujuan meningkatkan produksi yang ada. 

(Baca: Sambang Kampung Kalijudan - Kecap Geser Produksi Kupang)

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help