Surya/

Lapor Cak

PKL di Kawasan Jemursari Belum Tersentuh Petugas

Banyaknya PKL yang beroperasi di pedestrian di sepanjang Jl Jemursari sisi barat belum banyak mendapat sentuhan dari petugas. Ini sebabnya.

PKL di Kawasan Jemursari Belum Tersentuh Petugas
surabaya.tribunnews.com/Nuraini Faiq
Deretan PKL di Jl Jemursari +berjualan dengan menjadikan trotoar bagian dari tempat jualan mereka. Foto diambil dari Senin (28/8/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Banyaknya PKL yang memenuhi trotoar di sepanjang Jl Jemursari sisi Barat diduga berlangsung lama.

Namun, belum ada tindakan berarti dari petugas untuk menyikapi kondisi ini.

Berbeda dengan di kawasan lain, utamanya di tengah kota dan jalan utama. Petugas bahkan menyisir setiap saat dengan tim khusus bentukan Satpol PP Kota Surabaya.

 Tim ini khusus menyisir sekaligus mengusir halus para PKL yang berjualan di Pedestrian atau trotoar. "

Petugas kami terbatas dan belum bisa menjangkau ke seluruh wilayah Surabaya," ujar Kasatpol PP dan Kesbang Linmas, Irvan Widiyanto. 

Dia mengaku belum tahu persis kondisi PKL di Jl Jemursari. Namun jika memang berjualan di fasilitas trotoar itu adalah milik pejalan kaki. Bukan fasilitas Warung.

Bagitu juga jika banyak yang jualan di bahu jalan atau tepi jalan raya itu juga tidak diperkenankan.

"Petugas bisa setiap saat menertibkan paksa mereka," tandas Irvan.

Meski demikian, Satpol PP belum bisa sepenuhnya menjangkau hingga ke seluruh jalan di Kota Surabaya. Apalagi Jl Jemursari bukan termasuk jalan protokol.

Di jalan-jalan Protokol di Surabaya tidak akan ditemukan PKL. Apalagi pengemis atau pengamen. Surabaya bersih akan anjal ini.

Irvan menyampaikan bahwa sebaiknya menjadi tugas kecamatan setempat untuk ikut menertibkan agar PKL tidak makin banyak. Kecenderungan PKL selalu akan tumbuh banyak kalau satu dua PKL dibiarkan.

JL Jemusari saat ini ikut Kecamatan Wonocolo. Camat dan jajaran di wilayah ini harus ikut menjaga ketertiban umum dan estetika kota.

"Jangan Satpol PP yang selalu jadi sasaran jika PKL marak. Kecamatan setempat juga berkewajiban menertibkan PKL yang melanggar itu," kata Irvan. 

(Sebelumnya: Pedestrian Jemursari Surabaya Dipenuhi PKL)

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help