Surya/

VIDEO - Perhatikan, Inilah Cara Menggosok Gigi yang Benar dan Disarankan Dokter

Kalau tidak tepat cara menggosok gigi, akan berdampak pada gigi misalnya berlubang dan timbul karies. Pun berdampak pada gusi. Ini cara yang tepat!

SURYA.co.id | SURABAYA - Ketut Aprini, Terapis Gigi Puskesmas Kalijudan yang bertugas memberikan pendampingan menuturkan, kegiatan kolaborasi (sekolah dan dinas kesehatan) memang diperlukan.

Pasalnya petugas bisa memantau secara langsung kondisi gigi anak-anak di sekolah. Pemeriksaan gigi tiap siswa biasanya berlangsung setelah praktek sikat gigi bersama.

"Beberapa masalah yang biasanya kami temui adalah gigi tetap yang tumbuh, sementara gigi susu belum tanggal. Sehingga terjadi penumpukan. Atau gigi berlubang. Biasanya kami komunikasikan pihak sekolah untuk segera di cabut ke puskesmas terdekat," terangnya.

Ketut melanjutkan di samping praktek sikat gigi bersama pihaknya juga menjelaskan, pentingnya mengetahui cara tepat menggosok gigi.

"Kalau tidak tepat cara menggosok gigi, akan berdampak pada gigi misalnya berlubang dan timbul karies. Pun berdampak pada gusi," tambahnya.

Ketut mencontohkan cara menggosok gigi yang tepat dan benar adalah, menggosok gigi bagian depan dengan gerakan naik turun sebanyak 8 kali. Untuk gigi di area pipi, dengan gerakan memutar. Sementara untuk permukaan gigi dengan cara maju-mundur.

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help