Surya/
Grahadi

Press Release

Gus Ipul Ingin Pemerintah Maroko Tingkatkan Kerjasama TTI dengan Jatim

Wagub Jatim, Gus Ipul, meminta Pemerintah Maroko untuk meningkatkan kerjasama di bidang perdagangan, pariwisata, dan investasi.

Gus Ipul Ingin Pemerintah Maroko Tingkatkan Kerjasama TTI dengan Jatim
ist/humas pemprov jatim
Wagub Jatim, Gus Ipul, saat menerima kunjungan Dubes Maroko untuk Indonesia. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Wakil Gubernur Jatim, Drs. H. Saifullah Yusuf meminta kepada Pemerintah Maroko untuk meningkatkan kerjasama perdagangan, pariwisata, dan investasi (TTI) dengan Jatim.

Menurutnya, potensi TTI sangat besar di Jatim sebab melayani Kawasan Indonesia Timur.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan, yakni Dubes Maroko untuk Indonesia mendorong para pengusaha agar berinvestasi, berdagang, dan berwisata di Jatim.

Hal tersebut disampaikan Gus Ipul saat menerima Dubes Maroko untuk Indonesia, Ouadia Benabdellah di Ruang Kerja Wagub Jatim, Kantor Gubernur Jatim, Surabaya, Jumat (25/8/2017) siang.

Ia menjelaskan, Maroko adalah negara yang sudah lama mempunyai hubungan baik dengan Indonesia dari segi pertukaran pelajar, budaya, maupun ekonomi khususnya perdagangan, pariwisata dan investasi.

Hubungan kerja sama Jatim – Maroko ini semakin meningkat dengan adanya Konsul Kehormatan Maroko di Surabaya dan kunjungan Pemprov Jatim ke Maroko pada tahun 2014.

Lebih lanjut disampaikan Gus Ipul, sapaan lekat Wagub Jatim, kunjungannya bersama perwakilan pengusaha dari Jatim ke Maroko pada tahun 2014 yang lalu merupakan upaya peningkatan kerjasama.

Dari kunjungan tersebut telah dirintis kerjasama sister province antara Jatim dengan Provinsi Tangier Maroko.

Berdasarkan data Pusdatin Kemenperin RI Jakarta, neraca perdagangan Jatim – Maroko selama kurun waktu 2013-2017 menunjukkan defisit bagi Jatim. Namun angka defisit tersebut terus berkurang dari tahun ke tahun.

“Ini menunjukkan hubungan dinamis antara Maroko dengan Indonesia khususnya Jatim. Konsul Kehormatan Maroko di Suraba ikut berperan meningkatkan kerjasama Jatim-Maroko,” jelasnya.

Halaman
12
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help