Surya/

Lipsus

Miras Metanol Nyaris Sulit Dibedakan, hanya Gejalanya Perut Terasa Mual setelah Minum

Menurut pria paruh baya itu secara kasat mata sangat sulit membedakaan saat melihat dua botol Mansion Haouse Vodka yang mengandung metanol dan tidak.

Miras Metanol Nyaris Sulit Dibedakan, hanya Gejalanya Perut Terasa Mual setelah Minum
surya/mohammad Romadoni
Petugas memperlihatkan miras oplosan yang beredar di Kediri dan Nganjuk. 

SURYA.co.id | KEDIRI - Hampir tidak ada bedanya minuman keras (Miras) ilegal mengandung etanol atau alkohol maupun bercampur metanol. Sebab, dari bentuk wujud, rasa maupun bau sangat sulit mendeteksi miras yang mengandung metanol .

SURYA.co.id sempat mewawancarai orang yang sempat mencicipi miras ilegal jenis Mansion Haouse Vodka dan Mansion House Whisky yang mengandung zat senyawa metanol itu.

Pada saat mencicipi miras itu ia langsung tersedak dan menghentikannya.

"Rasanya nyletak nggak seperti biasanya," ujar pria yang enggan namanya disebutkan alasan privasi itu.

Menurut pria paruh baya itu secara kasat mata sangat sulit membedakaan saat melihat dua botol Mansion Haouse Vodka yang mengandung metanol dan tidak. Namun ketika dia merasakan cenderung miras metanol lebih susah untuk ditelan.

"Seperti ada yang nyangkut di tenggorokan," ungkapnya.

Humas Bea Dan Cukai Kediri Hendratno menerangkan dari penjelasan petugas uji lab pihaknya mengetahui efek metanol sangat berbahaya apabila dikonsumsi manusia. Dampak awal pada miras mengandung metanol yakni akan perut terasa mual.

Kata dia, memang tidak ada bedanya miras metanol dari segi wujud warna dan baunya. Cenderung sama. Namun bedanya yang jelas bedanya miras metanol tidak bisa dicerna ditubuh. Sedangkan miras mengandung etanol bisa diurai tubuh di dalam organ hati manusia menjadi toksin.

"Kalau metanol diolah bukan jadi toksin tapi jadi asam. Asam akan merusak lambung dan bisa berpotensi kematian. Ya minimal buta dan maksimal meninggal," ungkap Hendratno.

Menurut dia, produksi miras berizin juga ada prosedurnya. Takarannya pun telah diuji. Untuk air sebagai bahan campuran alkohol itu harus di nol mineralnya terlebih dahulu. Agar tidak terkontaminasi.

"Jadi cara buatnya tidak sembarangan. Izin edarnya juga banyak syaratnya melalui Dinas Kesahatan, Desperindag, BPOM dan ada pita cukai," tandasnya.

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help