Surya/

Citizen Reporter

3 Kebiasaan Ini Menjadikan Anak Mandiri sedari Dini

susah memandirikan anak? mungkin 3 cara dari psikolog Titisa Ballerian ini bisa ditiru dan menjadikan anak mandiri sedari kecil ...

3 Kebiasaan Ini Menjadikan Anak Mandiri sedari Dini
pixabay.com
ilustrasi 

Reportase ISYANI
Pengajar di SD Banyuripan, Kasihan, Bantul, Yogyakarta

 

SETIAP orangtua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak pintar, patuh, disiplin, dan mandiri. Namun, untuk mewujudkan itu tidak bisa dilakukan dengan cara instan. Orangtua perlu konsisten, telaten, dan sabar menanamkan budaya perilaku yang baik.

Begitu yang disampaikan dosen sekaligus psikolog, Titisa Ballerian MPsi dalam sesi pertemuan wali siswa dan guru yang dihelat SDIT Insan Utama, Kasihan, Bantul, Yogjakarta, Sabtu (6/8/2017). Mengusung tema Melatih Kemandirian Anak Kelas I SD, acara diikuti 76 wali siswa dan guru.

Titisa mengungkapkan, anak tumbuh tergantung pola asuh orangtua. Karena merekalah yang paling mengerti dan memahami karakter putra-putrinya.

”Didiklah anak sesuai karakter masing-masing dengan penuh kasih sayang,” ujar Titisa yang berbagi tip membudayakan perilaku positif kemandirian anak.

Pertama, role play. Memberikan peran kepada masing-masing anak sesuai dengan kemampuan sebagai bentuk tanggung jawab untuk melatih kedisplinan anak.

Kedua, metode modelling. Setiap anak, urai alumnus UGM ini, pasti memiliki idola yang  akan ia tiru. Di sinilah peran orangtua dan guru harus bisa menjadi panutan sehingga bisa menjadi model.

”Jangan segan memberi pujian ketika anak melakukan hal positif karena pujian akan memotivasi anak untuk terus berbuat yang sama sehingga menjadi budaya,” tegas dosen Universitas Sarjana Wiyata Taman Siswa Yogyakarta ini.

Ketiga, scaffolding, yaitu memberi bantuan secara bertahap sebagai pembiasaan perilaku positif sehingga kemandirian anak akan tumbuh sesuai tahapan dengan rangsangan bantuan orangtua secara konsisten.

Tiga hal tersebut harus dilakukan secara konsisten baik di sekolah mau pun di rumah.

Ana, salah satu wali siswa berkomentar, "kalau semua pihak bisa satu suara dan bersinergi, saya yakin, kemandirian akan menjadi keniscayaan bagi anak-anak kami.” 

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help