Surya/

Berita Inovasi

Air Box Culvert untuk Bahan Baku PDAM- Tenologi Membran Bio Reactor Jamin Tak Kekurangan Air Bersih

"Surabaya punya box culvert ratusan kilometer. Air di dalamnya bisa digunakan sebagai sumber air baku," kata Mujiaman.

Air  Box Culvert untuk Bahan Baku PDAM- Tenologi Membran Bio Reactor Jamin Tak Kekurangan Air Bersih
surya/fatimatuz zahro
Direktur Utama PDAM Surya Sembada Surabaya Mujiaman 

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Direktur Utama PDAM Surya Sembada Surabaya Mujiaman menolak Kota Surabaya bakal kekurangan sumber daya air baku. Menurutnya Surabaya tidak hanya memiliki sungai untuk diolah menjadi air bersih dan air minum.

Ia menyebut bahwa Kota Surabaya yang banyak memiliki box culvert merupakan potensi besar untuk dijadikan embung storage penyimpanan air.

"Surabaya punya box culvert ratusan kilometer. Air di dalamnya bisa digunakan sebagai sumber air baku," kata Mujiaman, Jumat (18/8/2017).

Pengelolaan air dari box culvert bukan hal yang tidak mungkin. Teknik pengolahan air ini disebut dengan harvesting. Artinya memanen air dari tempat yang memang difungsikan sebagai tempat penyimpanan air.

Menurut Mujiaman, teknik harvesting ini sudah diterapkan di sejumlah daerah maju, seperti Brasil, Jepang, Singapura, bahkan India.

"Surabaya pun bukan tidak mungkin. Sekarang sudah ada teknologinya untuk mengolah air dari embung storage seperti box culvert ini. Namanya membran bio reactor," kata Mujiaman.

Membran ini dikatakan Mujiaman bentuknya seperti karpet hang dibeber di sepanjang box culvert yang ingin diambil airnya.

Membran tersebut difungsikan untuk mengembangkan bakteri yang bisa mengolah air di saluran tersebut.

Nantinya cukup dilanjutkan hanya dengan penyedotan air di titik tertentu dan ditarik menggunakan pompa.

"Nanti dilanjutkan dengan teknik policing atau pengolahan lebih lanjut. Tapi sudah ringan ini, artinya teknik ini bisa digunakan untuk mencegah kota kehabisan air baku," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help