Surya/

Lapor Cak

Toilet Portable Bersih, Sayang Tak Ada Keran Air

Posisi toilet terbilang terbuka dan berada dipinggi jalan, saat masuk juga terlihat seperti baru dibersihkan. Sayangnya, keran air tidak ada.

Toilet Portable Bersih, Sayang Tak Ada Keran Air
surya/habibur rohman
PERAWATAN LEBIH - Kondisi Toilet portable dikawasan tegah kota area Jl Panglima Sudirman Surabaya, Selasa (15/8/2017). 

SURYA.co.id | SURYA – Toilet portable berwarna orange bisa ditemukan di sejumlah tempat umum di Kota Surabaya. Salah satunya di samping gedung DPRD Kota Surabaya.

Posisi toilet terbilang terbuka dan berada dipinggi jalan, saat masuk juga terlihat seperti baru dibersihkan. Sayangnya, keran air juga bersih, alias tidak ada di dalam toilet.

Tuas untuk menyiram jamban juga tidak mengeluarkan air, bahkan keran air untuk mencuci tangan juga tidak ada. Tempat tisu juga hanya sebagai hiasan.

Hal ini juga cukup meresahkan warga yang awalnya berniat memakai toilet portable.

Suprayitno (55) salah satunya, warga Kaliasin ini kebetulan melintas di area DPRD Kota Surabaya.
Karena kondisi jalan yang cukup panas, awalnya ia berencana membasuh muka di toilet portable. Sayangnya ia harus kecewa karena toilet yang tidak bisa digunakan airnya.

“Pernah lihat di Taman Bungkul, ada toilet begini bisa dipakai kok. Lah ini bersh, saking bersihnya kera juga nggak ada. Terus buat apa box gini,” jelasnya.

Menurutnya, jika memang sudah tidak layak digunakan ada baiknya toilet tersebut dipindahkan. Sebab, bisa menjadi sarana berbuat tidak senonoh karena toilet bisa diakses kapanpun.

“Kan nggak ada yang jaga juga, kalau malam bisa dipakai mesum ini,” ujarnya.

Andini (17) siswa yang kebetulan menunggu angkutan di area tersebut juga mengungkapkan tidak pernah memakai toilet portable.

Ia pernah seskali mencoba masuk sekedar untuk memperbaiki jilbab yang ia gunakan.

Melihat kondisi toilet, Andini merasa cukup prihatin pasalnya ia beberapa kali mellihat orang memang membutuhkan toilet tersebut.

“Kasihan sih orang yang memang butuh akses toilet grtis, soalnya sekarang dimanapun toilet itu bayar,” ungkapnya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help