Surya/

'Keluarga Punyai Peranan Penting untuk Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat'

Keluarga sehat adalah investasi penunjang untuk pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang Produktif berkesinambungan.

'Keluarga Punyai Peranan Penting untuk Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat'
surya/galih lintartika
Penandatanganan komitmen untuk mewujudkan keluarga sehat sebagai pilar utama masyarakat Kabupaten Probolinggo yang sejahtera. 

SURYA.co.id | PROBOLINGGO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) bersama Lintas sektor Lintas program, Tiga pilar Gemasiba, Institusi Pendidikan Kesehatan, Organisasi Profesi Kesehatan, Organisasi masyarakat, Tokoh Masyarakat (Tomas) dan Tokoh Agama (Toga) menandatangi kesepakatan komitmen bersama, Selasa (15/8/2017).

Penandatanganan itu dilakukan dalam rangka untuk mewujudukan keluarga sehat sebagai pilar utama masyarakat Kabupaten Probolinggo yang sejahtera.

Tak hanya itu, acara tersebut juga dijadikan sebagai acara Rapat Koordinasi Kesehatan Daerah (Rakorkesda) Keluarga Sehat Kabupaten Probolinggo untuk meningkatkan program Pemerintah tentang optimalisasi pelayanan kesehatan.

Acara Rapat Koordinasi Kesehatan Daerah (Rakorkesda) Kabupaten Probolinggo ini dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo dr Shodiq Tjahjono dan beberapa narasumber, seperti perwakilan BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan, dan masih banyak lagi.

Rakorkesda yang dilakukan oleh Dinkes Kabupaten Probolinggo ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, IPM Kabupaten Probolinggo di tahun 2015 sebesar 63,83 dengan indeks kesehatan sebesar 66,15.

Pada tahun 2016 IPM Kabupaten Probolinggo mengalami peningkatan 0,29 hingga menjadi 64,12 dengan indeks Kesehatan Kabupaten Probolinggo sebesar 66,31.

Target Tahun 2017 Kabupaten Probolinggo sebesar 65. Untuk mencapai angka tersebut perlu adanya langkah langkah strategis, inovasi, dan kreatif yang terpadu, menyeluruh dan berkelanjutan.

"Keluarga mempunyai peranan penting untuk meningkatkan kualitas kesehatan di masyarakat," kata dr. Sodiq Tjahjono, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo.

Ia menyampaikan, menciptakan keluarga sehat adalah investasi penunjang untuk pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang Produktif berkesinambungan.

Kata dia, dengan pendekatan keluarga dapat merubah perilaku keluarga.

Halaman
12
Penulis: Galih Lintartika
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help