Surya/

Warga Gresik Syukuran Dengan Berbagi Jajan Hasil Pertanian

Menjelagn 17 Agustus, beberapa kelompok masyarakat Gresik sudah mulai menggelar tradisi tahunan. Salah satunya, sedekah bumi.

Warga Gresik Syukuran Dengan Berbagi Jajan Hasil Pertanian
Surabaya.tribunnews.com/Sugiyono
Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto, bersama wakilnya, M Qosim, mengangkat tumpeng. 

SURYA.co.id | GRESIK – Beberapa masyarakat Gresik mulai mengadakan syukuran sedekah bumi dengan cara bertukar jajanan dan makanan serta berbagi ke tetangga.

Kegiatan ini diadakan setiap tahun dengan kepercayaan agar dibebaskan dari bahaya dan diberi kelancaran dalam berbagai hal oleh Yang Maha Kuasa.

Seperti yang dilakukan warga dusun Glintung, Desa Kembangan Kecamatan Menganti mengadakan kegiatan sedekah bumi. Dalam kegiatan tersebut masing-masing warga membawa jajan ke tempat yang disediakan oleh panitia. Di tempat itu diadakan doa bersama dan membaca kitab suci Al Quran.

“Jajan dan makanan yang dibawa oleh masing-masing warga ditukar dengan jajan tetangga. Agar terjalin kerukunan antar tetangga. Selain itu juga dibagikan ke masyarakat yang kurang mampu,” kata Anam, warga Glintung yang ikut acara itu, Minggu (13/8/2017).

Hal yang sama juga dilaksanakan warga Desa Kedanyang Kecamatan Kebomas. Agar menarik warga membuat tumpeng berukuran besar. Dari tumpeng itu diisi dengan berbagai hasil pertanian. Seperti, buang terong, nanas, jagung dan pepaya. Bahkan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto dan Wakil Bupati Mohamad Qosim hadir dalam acara tahunan.

Sambari Halim Radianto menyatakan bangga dengan persatuan masyarakat Kedanyang. “Kerukunan warga ini harus terus dijaga sehingga kondisi kampung semakin aman,” kata Sambari.

Penulis: Sugiyono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help