Surya/

Perjuangan Peserta Jember Fashion Carnaval: Pakai Kostum Seberat 25 Kilogram

Para peserta Jember Fashion Carnaval selalu memakai kostum yang fenomenal. Tak cuma indah dipandang, tetapi juga berat dipakai.

Perjuangan Peserta Jember Fashion Carnaval:  Pakai Kostum Seberat 25 Kilogram
ist/setpres
Salah satu peserta JFC 2017 beraksi di hadapan presiden Jokowi dan Ibu Negara Irianti Widodo, Minggu (13/8/2017). 

SURYA.co.id | JEMBER - Mia Azizatun Nisa harus tetap tampil menarik dan energik meskipun membawa beban 25 Kg di tubuhnya. Beban seberat itu terdiri atas ornamen di mahkota kepala, punggung, juga bajunya.

Mia adalah satu dari ratusan peserta Jember Fashion Carnaval (JFC)-16 yang puncaknya digelar Minggu (13/8/2017). Mia memakai kostum Toraja di Defile Toraja. Kostum Mia menjadi berat karena ia memakai ornamen unik di kepalanya.

Ia memakai mahkota setinggi 3 meter, yang terikat dari punggung sampai menjulang ke atas. Di bagian paling atas, dihiasi replika kepala kerbau, hewan yang khas dipakai dalam upacara adat Toraja.

"Tinggi hiasan di kepala 3 meter. Kalau berat kostum sekitar 25 Kg. Ya kuatlah sampai finish," ujar Mia yang asli Bondowoso itu.

Untuk membuat kostumnya, ia merogoh kocek sampai Rp 5 juta. Tentunya biaya itu disupport oleh orang tuanya. Mia juga dibantu kedua orang tuanya dan saudara dalam membuat kostum yang didominasi warna hitam itu.

Sedangkan kostum Rachel Natalina (35) beratnya mencapai 15 Kg. Ibu dua anak ini memakai kostum Borneo.

"Karena meriah dan saya jatuh cinta sama warna merahnya. Warna merah mendominasi kostum Borneo," ujar ibu rumah tangga asal Situbondo ini.

Baca: VIDEO - Ketika Presiden Jokowi Berpose di Runway Utama Jember Fashion Carnival

Rachel mengaku baru kali pertama ini ikut dalam JFC. Ia sejak lama ingin ikut JFC, namun karena anaknya belum bisa ditinggali untuk ikut latihan JFC, maka ia menundanya dan baru terlaksana tahun ini.

Sedangkan untuk biaya kostum yang terbilang mahal adalah kostum Sriwijaya Empire milik Hellua Mukti. Biaya produksi kostumnya sampai Rp 20 jutaan.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help