Surya/

Citizen Reporter

Ajaib dari Lendir Siput Mahasiswa Unair Ciptakan Lem Super Atasi Jantung Bocor

siapa sangka justru dari lendir bekicot inilah bisa diubah menjadi lem super untuk mengatasi jantung bocor yang banyak dialami para bayi ...

Ajaib dari Lendir Siput Mahasiswa Unair Ciptakan Lem Super Atasi Jantung Bocor
pixabay.com
ilustrasi 

Reportase Wienneta Aulia Hajar
Mahasiswa Fakultas ekonomi dan bisnis Univeristas Muhammadiyah Sidoarjo

SIPUT (mucus achatina), hewan bercangkang yang kerap dianggap hama ini mudah dijumpai di tempat-tempat lembab. Kendati tak banyak orang yang suka menyantap dagingnya, ternyata siput menyimpan manfaat luar biasa. 

Hal itu yang dibuktikan lima mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya ini yang memanfaatkan lendir siput menjadi lem super (surgical glue). Bukan lem sembarang lem, namun lem yang menawarkan manfaat mengatasi kebocoran jantung bayi.

Melalui program kreativitas mahasiswa (PKM) ini, Juliani Nur Azizah S, Hana Zahra Aisyah, Putri Nurfriana R, Putri Desyntasari, dan Diana Fitri, dari penelitian yang mereka lakukan, kebocoran jantung sering dialami anak-anak karena dipicu banyak faktor.

Di antaranya, karena ibu mengonsumsi banyak obat saat hamil, penyakit genetik, akibat paparan sinar ratogen, dan faktor lainnya.

"Kami ingin menciptakan inovasi di bidang kesehatan sehingga Indonesia yang kini menjadi konsumen, perlahan–lahan dapat menjadi negara produsen di berbagai aspek. Semoga surgical glue inovasi kami ini dapat menjadi salah satu bukti bahwa mahasiswa Indonesia juga mampu berinovasi di bidang kesehatan,” ujar Juliani, ketua tim.

Tim yang dibimbing Dr Prihatini Widiyanti drg MKes S.Bio ini berhasil mendapatkan dana hibah dari Kemenristek Dikti 2017 untuk mewujudkan penelitian mereka.

Dan surgical glue yang mereka teliti memiliki beberapa kelebihan.Yakni, lem ini bersifat elastis dan aman untuk digunakan pada bayi, resisten terhadap tekanan terutama yang disebabkan oleh cairan dalam tubuh, memiliki taraf biokompatibilitas yang sangat baik, dan masih banyak lagi.

Semoga dengan terwujudnya ide ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan menjadi solusi yang pas untuk menangani kebocoran jantung bayi.

  

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help