Surya/

Worldship Orchestra Bakal Ajarkan Menikmati Musik Orkestra Tak Harus Mahal

Grup orkestra dari Jepang, Worldship Orchestra, akan tampil di Balai Pemuda Surabaya dalam konser bertajuk konser amal

Worldship Orchestra Bakal Ajarkan Menikmati Musik Orkestra Tak Harus Mahal
SURY/Fatimatuz Zahro
Local Coordinator Worldship Orchestra, Setiawan Nanang (kiri), Captain of Worldship Orchestra, Noguchi Akihide (tengah) saat mengadakan jumpa pers jelang penampilannya menghibur warga Surabaya, Sabtu (12/8/2017). Orkestra ini akan tampil di Balai Pemuda pada Selasa (15/8/2017) mendatang. 

SURYA.co.id |  SURABAYA - Warga Kota Surabaya bakal mendapat suguhan hiburan musik orkestra level internasional. Grup orkestra dari Jepang, Worldship Orchestra, akan tampil di Balai Pemuda Surabaya dalam konser bertajuk konser amal, Selasa (15/8/2017) malam.

Sebanyak 40 personel Worldship Orcestra akan memainkan harmoni orkestra di Balai Pemuda. Pertunjukan yang dimulai Pukul 19.00 ini juga akan menampilkan orkestra dari Universitas Airlangga dan Amadeus.

Menariknya, masyarakat yang ingin menyaksikan pertunjukan orkestra ini, tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar. Konser ini berbeda dengan stigma orkestra yang selama ini mdikesankan sebagai pertunjukan mahal. Tiket untuk menonton pertunjukan orkestra ini justru berupa pakaian bekas yang masih layak pakai.

Local Coordinator Worldship Orchestra, Setiawan Nanang mengatakan, konser orkestra ini merupakan konser amal yang ditujukan untuk kegiatan sosial. Karena memang, Worldship Orcestra merupakan non profit organization alias tidak berorientasi pada keuntungan.

"Masyarakat yang tertarik menyaksikan pertunjukan ini bisa menukarkan dua atau tiga pakaian bekas yang masih layak pakai. Nantinya, baju itu akan disumbangkan untuk saudara kita di Liponsos,” jelas Iwan saat di Kantor Bagian Humas, Sabtu (12/8/2017).

Selain itu, masyarakat yang memiliki keinginan untuk melakukan donasi, bisa mendapatkan tiket donasi seharga 25 ribu. “Nantinya pendapatan dari konser ini akan disumbangkan,” sambung Iwan.

Selama di Surabaya, selain tampil dalam pertunjukan orkestra, personel Worldship Orchestra Japan juga akan menyambangi beberapa sekolah untuk sosialisasi musik orkestra dan menyebarkan kecintaan bermain musik kepada anak-anak.

Sekolah yang dituju yakni SMPN 1 Surabaya pada 14 Agustus dan SMPN 19 Surabaya pada 16 Agustus. Khusus untuk SMPN 19, sekolah ini menjadi percontohan untuk proyeksi orkestra.

Captain of Worldship Orchestra, Noguchi Akihide menyampaikan, Indonesia termasuk salah satu destinasi utama untuk summer project kelompok orkestranya di tahun ini.

Kedatangannya ke Surabaya selain untuk melakukan kegiatan sosial, juga untuk menginspirasi anak-anak sekolah agar cinta musik. Terlebih, ada makna filosofis yang terkandung dalam permainan musik orkestra.

“Dan orkestra ini bukan hanya tentang bagaimana memberikan pelatihan cara memainkan musik, tetapi juga tentang team work. Kita harus bekerja sama dengan teman satu tim. Itu esensi orkestra,” ujarnya.

Selain itu ia juga ingin anak-anak paham bahwa musik klasik dan orkestra bukan seni yang sulit untuk dinikmati. Sebab kebanyakan saat ini anak-anak cenderung suka dengan seni musik pop dan komersial yang lain.

"Di sini kami ajarkan anak-anak untuk menikmati orkestra, kami akan mengajak mereka menikmati musik disney dalam balutan orkestra, dan musik-musik yang merek kenali," katanya.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help