Surya/

Berita Surabaya

VIDEO - Ratusan Kiai Tuntut Pembatalan Perppu Pembubaran Ormas di DPRD Jatim

Para kiai tersebut disambut dua perwakilan DPRD yakni,anggota Fraksi Gerindra, Noer Soetjipto dan anggota Fraksi Hanura, Gatot Sutranta Wisnu M.

SURYA.co.id | SURABAYA - Forum Komunikasi Ulama Ahlussunnah Wal Jama'ah Jawa Timur menggelar aksi di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jatim, Jumat (11/8/2017).

Dalam tuntutanya, mereka mendorong DPRD Jatim agar mengusulkan pembatalan Perppu No 2 Tahun 2017 kepada pemerintah.

Sebab, Perppu yang mengatur kewenangan pembubaran ormas tersebut dianggap sebagai bentuk kewenang-kewenangan pemerintah kepada ormas.

"Perppu itu berpotensi kuat menimbulkan pemberangusan berserikat dan berkumpul bagi warga negara," ujar ketua organisasi ini, KH Drs Joko Santoso.

Para kiai tersebut kemudian disambut oleh dua perwakilan DPRD yakni, anggota Fraksi Gerindra, Noer Soetjipto dan anggota Fraksi Hanura, Gatot Sutranta Wisnu Murti.

Pada penjelasannya, Noer meminta para kiai untuk mengikuti proses hukum tuntutan pembatalan Perppu ini.

Sebab, 16 ormas dengan dipimpin kuasa hukum, Yusril Ihza Mahendra, telah mengajukan permintaan peninjauan ulang terhadap Perppu inu.

"Kami mohon para kiai untuk bersabar terlebih dahulu. Sebab, sudah ada 16 ormas yang tengah menuntut pembatalan Perppu ini di MK (Mahkamah Konstitusi)," papar Noer.

"Selain itu, DPR juga masih memiliki kewenangan untuk menolak Perppu tersebut menjadi UU. Doakan saja, apa yang menjadi keinginan hari ini bisa direalisasikan," kata Noer.

Usai melakukan aksi selama dua jam, para peserta unjuk rasa ini membubarkan diri sekitar pukul 15.00 WIB.

Aksi tersebut juga sempat membuat lalu lintas di sekitar lokasi ini tersendat, akibat ruas jalan yang menyempit karena tempat aksi menggunakan badan jalan.

Selengkapnya simak tayanaya video di atas!

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help