Surya/

Lifestyle

Daniel Ko Kenalkan Kopi Nusantara lewat Ikon Tokoh

“Saya bayangkan penggemar kopi Flores ini adalah cewek feminin, dan seksi, maka saya ekspresikan lewat gambar ballerina itu.”

Daniel Ko Kenalkan Kopi Nusantara lewat Ikon Tokoh
surya/achmad pramudito
Daniel Ko selalu mengajarkan pada karyawannya untuk meracik dan mencicipi sekaligus kopi buatannya supaya bisa mengungkapkan cita rasa kopi khas Indonesia. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kopi kini makin akrab dengan kehidupan warga Kota Surabaya. Di setiap sudut kota ini dipastikan ada coffeshop di hotel dan mall, atau sekelas warung kopi.

Jenis kopi yang disukai pun beragam. Tak hanya sebatas kopi sachet-an. Mereka yang benar-benar mania kopi sangat memilih kopi dari daerah tertentu untuk jadi konsumsi mereka.

Meski mengaku hobi berat minum kopi Nusantara, rupanya tak semua penikmat kopi hapal jenis kopi yang disukainya.

“Itu sering kami alami. Ketika satu saat tamu datang disuguhi kopi dan cocok, esoknya datang lagi memesan kopi yang sama,” kata Daniel Ko, pengelola The Grinder Coffee (TGC).

Tetapi, ketika ditanya jenis kopi yang ingin dipesannya, konsumen tersebut mengaku lupa.
Ketidaktahuan konsumen itu tentu membuat waitres bingung mau kasih kopi yang mana.

Sebab ada puluhan jenis kopi yang jadi koleksi TGC yang menempati area di Loop Graha Family Surabaya Barat ini.

Pengalaman itu pula yang membuat Daniel memberi cap kopi tertentu dengan gambar tertentu pula. Gambar itu membantu mereka untuk mengingat kopi yang jadi kesukaan mereka.

“Customer tidak familiar dengan nama-nama asli kopi. Karena itu, gambar-gambar tersebut untuk mengedukasi customer. Dan tiap gambar ada filosofinya,” beber Daniel.

Kopi Gayo misalnya, diekspresikan lewat gambar atlet sumo. “Kopi Gayo kan (rasanya) strong, jadi kekuatan rasa kopi Gayo ini seperti pesumo,” urainya.

Begitu pula kopi Flores yang diakui sangat digemari oleh sang istri. Karena itu, Daniel lalu terinspirasi untuk merepresentasikan kopi Flores ini dengan gambar ballerina.

“Saya bayangkan penggemar kopi Flores ini adalah cewek feminin, dan peminum kopi Flores ini adalah mereka yang seksi, maka saya ekspresikan lewat gambar ballerina itu,” ungkapnya.

Penulis: Achmad Pramudito
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help