Surya/

Risma : Lima Kali Rekrutmen Tidak Masalah Asal Dapat Dirut yang Layak

Karena bu Risma merasa tidak cocok, rekrutmen Dirut PD Pasar Surya terus menerus diulang dari awal. Begini kata orang nomor satu di Surabaya itu.

Risma : Lima Kali Rekrutmen Tidak Masalah Asal Dapat Dirut yang Layak
surya/fatimatuz zahroh
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini 

SURYA.co.id | SURABAYA - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yakin bahwa keputusannya untuk meminta adanya pengulangan rekrutmen dirut Perusahaan Daerah Pasar Surya (PDPS) tidak salah.

Bahkan Risma mengatakan, lima kali mengulang rekrutmen bukan masalah asalkan mendapatkan hasil dirut PDPS yang benar-benar layak.

"Ini nanti rekrutmen PDPS yang ketiga. Lima kali ho tidak masalah, PDAM itu berkali-kali buktinya hasilnya bagus. Nggak apa-apa asal nanti dapat dirut yang memang layak. Wes tah, aku yakin feelingku nggak salah," ucap Risma, Selasa (8/8/2017).

Wanita yang juga mantan Kepala Bappeko Surabaya ini menyebutkan proses rekrutmen harus diawal dari ulang. Mulai seleksi administrasi hingga fit and proper test.

Menurutnya ia mengaku bahwa trauma jika memaksakan memilih calon yang kurang bagus nilai assessment nya justru akan berdampak pada pasar tradisional yang dimiliki Surabaya.

"Yang ketiga ini bisa jadi bukan yang terakhir. Aku nggak mau tergesa-gesa," ucapnya. Ia juga mengelak jika dikatakan pengulangan rekrutmen adalah pemborosan. Justru ini adalah upaya terbaik yang bisa dilakukan demi masa depan PDPS.

Lagi-lagi, ia mencontohkan hasil rekrutmen dirut PDAM. Yang setelah diulang lebih dari dua kali, ternyata menghasilkan dirut yang memang berkomepeten.

"Bertahun-tahun saya minta untuk tekanan di wilayah tertentu di Surabaya itu ditambah. Tapi gagal, ternyata dia bilang nggak bisa karena memang nggak ada debitnya. Lalu aku tantang dia bisa ndak menyelesaikan permasalahannya dia berani untuk melakukan peningkatan dengan cara-cara yang ia jelaskan secara logis," kata Risma.

Sebagaimana diketahui, hasil rekrutmen terakhir untuk dirut PDAM menetapkan Mujiaman sebagai calon yang terpilih. Yang menurutnya memang adalah calon terbaik dengan hasil assessment yang baik.

Selain itu Risma juga menanggapi adanya usulan calon dirut PDPS yang meminta diberi kesempatan untuk presentasi di depan wali kota. Menurutnya hal itu jelas tidak bisa dilakukan.

"Ya nggak bisa. Kalau aku yang menilai, nanti subjective. Kalau penilainya banyak kan bisa menghasilkan hasil pemikiran yang juga banyak hingga hasilnya objektive," ucap Risma.

Lagipula, jika Risma mengizinkan calon dirut presentasi di depannya itu tandanya ia tidak percaya dengan hasil penilaian tim panitia seleksi. 

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help