Surya/

Catur

Grand Master Jatim Tersingkir di Kejuaraan Catur Internasional

Mantan pecatur PON Jatim ini justru tersingkir dan menempati urutan 60 dari total 256 peserta dari empat negara.

Grand Master Jatim Tersingkir di Kejuaraan Catur Internasional
surya/dya ayu
Hamdani Rudin (tengah) asal Jawa Barat saat mengangkat piala Fide Internasional Open Chess Tournament Piala Jaksa Agung yang digelar di Gedung Kejati Jatim. 

Surya.co.id | SURABAYA - Dalam kejuaraan Fide Internasional Open Chess Tournament Piala Jaksa Agung digelar di Gedung Kejati Jatim, pecatur andalan Jawa Timur, Cerdas Barus, yang dijago-jagokan ternyata menuai hasil minor.

Mantan pecatur PON Jatim ini justru tersingkir dan menempati urutan 60 dari total 256 peserta dari empat negara, Indonesia, Filipina, Usbekiztan, dan Malaysia.

Hasil mencengangkan justru diraih Hamdani Rudin asal Jawa Barat yang merebut gelar juara dalam kejuaraan itu.

Secara langsung, Cerdas Barus yang menyandang gelar Grand Master, dikalahkan pecatur yang baru bergelar Fide Master itu.

Padahal dalam kejuaraan ini Cerdas Barus menduduki peringkat ke-14 sementara Hamdani diposisi 35.

Nasib kurang baik juga dialami juara bertahan tahun lalu, GM Susanto Megaranto.

Pecatur terbaik Indonesia asal Jawa Barat itu harus puas berada diperingkat 18.

Dari hasil ini, seakan menjadi 'warning' untuk para pecatur, khususnya dari Jawa Timur agar lebih meningkatkan kembali kemampuan mereka, mengingat persaingan di olahraga catur terbilang pesat.

"Kami berharap kedepan pecatur Jatim harus lebih baik. Sebab sekarang sudah ada juara baru yang justru awalnya tidak diunggulkan," kata Kasi Penkum Kejati Jatim, Richard Marpaung, Senin (7/8/2017).

Pihaknya menjelaskan, gelaran serupa ditahun depan rencananya akan mengundang lebih banyak negara, agar semakin banyak peserta untuk bersaing di Jatim.

Selain untuk mengasah kemampuan juga sekaligus memberikan wadah bagi pecatur untuk mencari poin.

"Banyak pecatur yang terbantu dengan ajang ini, karena tidak semua pecatur bisa ke luar negeri untuk bertanding dan dapat poin, dan memang itu salah satu tujuan kami menggelar kejuaraan internasional ini," jelasnya.

Penulis: Dya Ayu
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help