Surya/

Seleb

Ngidam Jadi Pengalaman Unik Bunda, tapi Wanita Hamil Tak Selalu Ngidam

“Ada yang pakai ngidam saat hamil, ada juga nggak. Tapi, yang nggak ngidam nggak berarti kehamilannya bermasalah,” tegas dr Muhammad Ardian.

Ngidam Jadi Pengalaman Unik Bunda, tapi Wanita Hamil Tak Selalu Ngidam
surya/ahmad pramudito
Aktor Dude Harlino bersama Christina Natalia, Marketing Manager SGM Bunda (dua dari kanan) dan dr Muhammad Ardian CI SpOG MKes (dua dari kiri) di acara Festival Ngidam SGM Bunda di Atrium Royal Plaza. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Masa kehamilan merupakan momen spesial bagi setiap wanita. Masa hamil ini hingga proses persalinan para wanita ini biasanya mengalami ngidam.

Dan bagi para wanita hamil, ngidam menjadi sebuah pengalaman unik yang ditandai dengan dorongan keinginan berlebih terhadap sesuatu yang biasanya dalam bentuk makanan atau minuman tertentu.
Namun, ternyata tiap wanita mengalami proses ngidam yang berbeda-beda.

“Ada yang pakai ngidam saat hamil, ada juga nggak pakai ngidam. Tapi, yang nggak ngidam nggak berarti kehamilannya bermasalah,” tegas dr Muhammad Ardian CI SpOG MKes.

Hadir sebagai narasumber di acara Festival Ngidam SGM Bunda yang diselenggarakan di Atrium Royal Plaza Surabaya selama dua hari, Sabtu-Minggu (5-6/8), Ardian menambahkan, perubahan hormone yang terjadi di masa hamil bunda mengalami peningkatan sensitivitas rasa dan penciuman yang mengubah preferensi dan pola makan terhadap jenis makanan tertentu.

“Faktor hormonal ini harus dipahami Bunda agar lebih berhati-hati dan mengontrol asupan makanan dan minuman ke dalam tubuh,” tegasnya.

Menurut Ardian, bunda harus lebih cermat dalam menjaga kesehatan dirinya dan juga janin melalui pola makan bergizi seimbang.

“Sayang masih banyak ibu hamil yang kekurangan nutrisi,” tandasnya.

Ardian lalu memapar data, di Indonesia dari 10 wanita hamil memiliki asupan protein dan beberapa zat gizi mikro yang lebih rendah dari kebutuhan.

“Harusnya dipahami bahwa kebutuhan nutrisi saat hamil berbeda dengan saat tidak hamil,” katanya.

Selain asupan karbohidrat, protein, maupun lemak, kecukupan zat gizi mikro seperti Asam Folat, Zat Besi, Kalsium, dan vitamin D juga penting untuk mengatur metabolism tubuh.

Untuk itu, wanita hamil dianjurkan memenuhi kebutuhan nutrisi dengan pola makan nutrisi seimbang tiga kali sehari.

“Juga perlu konsumsi satu butir telur, minum cukup air putih sebanyak 10 gelas per-hari, serta dapat dilengkapi konsumsi susu khusus ibu hamil,” paparnya.

Festival Ngidam SGM Bunda yang baru pertama kali digelar ini diisi berbagai kegiatan edukasi dan hiburan menarik, seperti Ngidam Jajan yang menyajikan aneka kuliner lezat dan bergizi. Juga ada Ngidam Dimanja, Ngidam Eksis, dan Ngidam Ketemu Artis.

“Kami hadir dengan serangkaian aktivitas edukasi nutrisi yang lengkap dan menyenangkan bagi para bunda,” ujar Christina Natalia, Marketing Manager SGM Bunda.

Penulis: Achmad Pramudito
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help