Surya/

Berita Banyuwangi

Sempat 17 Tahun Lepas, Banyuwangi Raih Adipura untuk Kelima Kalinya

Penghargaan ini diberikan pada daerah yang dinilai mampu menjaga lingkungan

Sempat 17 Tahun Lepas, Banyuwangi Raih Adipura untuk Kelima Kalinya
surya/haorrahman
Bupati Anas menerima Piala Adipura dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Sejak 2013 secara berturut-turut Banyuwangi meraih Adipura. Sebelumnya sempat 17 tahun, sejak 1996, Piala Adipura lepas dari Banyuwangi.

Tahun ini Kabupaten Banyuwangi kembali meraih penghargaan Piala Adipura 2017, dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). ‎

“Alhamdulillah Banyuwangi mempertahankan Adipura lima tahun berturut-turut. Ini buah kerja keras masyarakat. Semua berperan nyata, seperti petugas kebersihan dan persampahan, dan yang paling nyata adalah semua warga yang ingin mewujudkan budaya bersih,” kata Anas, Kamis (3/8/2017).

Piala Adipura diserahkan Menteri LHK Siti Nurbaya kepada Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Jakarta, Rabu (2/8/2017) malam.

Banyuwangi meraih Adipura untuk kategori kota sedang. Penghargaan ini diberikan pada daerah yang dinilai mampu menjaga lingkungan dan menggerakkan partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan.

Anas mengatakan, Pemkab Banyuwangi mempunyai petugas dan program untuk menjaga kebersihan dan mengelola sampah, namun yang paling berperan adalah masyarakat.

"Karena kunci kebersihan ada di masyarakat, maka mari bersama-sama berbenah," ujar Anas.

Pemkab Banyuwangi juga telah memasang CCTV di sejumlah titik aliran sungai untuk memantau warga yang membuang sungai. Pintu-pintu air sungai dipercantik.

"Sehingga warga yang akan membuang sampah ke sungai menjadi malu," tambah Anas.

Saat ini jumlah petugas yang rutin menjaga kebersihan kota Banyuwangi ada 620 orang, terdiri atas petugas penyapu. petugas drainase, petugas bank sampah, dan pengelola taman.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help