Wali Murid Kesulitan Cari Buku Tematik Kelas 2 dan 5 SD

Hingga hari ini, buku K13 untuk tema 1 telah ada untuk semua tingkatan pendidikan. Kecuali untuk kelas 2 dan 5.

Wali Murid Kesulitan Cari Buku Tematik Kelas 2 dan 5 SD
Surya Online/Sulvi Sofiana
Wali murid saat berburu buku paket untuk panduan belajar siswa di toko buku yang berada di Jalan Ngagel Jaya, Sabtu (29/7/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA –Tahun ajaran baru telah dimulai, buku paket menjadi salah satu penunjang dalam pembelajaran siswa. Sayangnya tidak semua sekolah menyediakan buku paket untuk siswa. Sehingga wali murid harus membeli sendiri buku paket siswa.

Hal ini dialami Elok (37), untuk anaknya yang kelas 5 SD dirinya harus mencari buku paket karena sekolah tidak menyediakan seperti tahun sebelumnya. Setidaknya ada 8 buku tematik yang harus ia beli. Tapi, ketika ditemui SURYA.co.id di toko buku di Jalan Ngagel Jaya, dirinya belum menemukan buku yang sesuai dengan buku yang dipakai sekolah.

“Carinya buku yang ada logonya kemendikbud. Tapi disini belum ada katanya. Ini mau nyari lagi,” jelasnya, Sabtu (29/7/2017).

Hal serupa dialami Anik Suryani (42), ia berencana membeli 5 buku tematik untuk anaknya yang kelas 5 SD. Menurut Anik, biasanya sekolah meminjamkan buku paket, hanya saja setiap tahun anaknya yang masih SD enggan memakai buku milik sekolah.

“Mesti pingin beli sendiri, kalau punya sekolah takut rusak kalau dipakai. Apalagi temannya ada yang beli sendiri,” jelasnya.

Menurut Anik, sekolah biasanya juga menyediakan penjualan buku paket tersebut. Tetapi untuk kelas 5 sekolah memang belum menyediakan. Makanya dirinya berinisiatif membeli sendiri.

“Hari ini kosong bukunya, jadinya cuma beli buku latihan karena anaknya sudah kelas 5,” lanjutnya.

Kesulitan mencari buku menurut Anik juga terjadi pada anaknya yang saat ini SMA. Buku tematik SMA juga belum ia temukan dipasaran. Sedangkan untuk anaknya yang SMP masih bersedia memakai buku pinjaman dari sekolah

Berdasarkan pantauan SURYA.co.id, toko buku di Ngagel Jaya memang telah menjadi langganan tiap tahun untuk penjualan buku paket. Tahun ini sejak minggu pertama masuk sekolah telah banyak orang tua yang mencari buku. Buku yang disediakan juga beragam mulai dari buku Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum 2006 hingga buku tematik Kurikulum 2013. Buku-buku dengan label kementrian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) banyak diminati orang tua. Sebab, buku tersebut juga digunakan oleh sekolah-sekolah negeri.

Hingga hari ini, buku K13 untuk tema 1 telah ada untuk semua tingkatan pendidikan. Kecuali untuk kelas 2 dan 5. Berdasarkan keterangan penjaga toko buku, buku untuk kelas 2 dan 5 belum beredar karena adanya revisi.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help