Surya/

Ngopi Bareng Gus Ipul

Jawa Timur Bahagia

TULISAN KE-21 GUS IPUL: Saya ingin melihat semua warga bahagia, mampu menikmati kehidupan dan tercukupi kebutuhan jasmani dan rohaninya.

Jawa Timur Bahagia
surya
Saifullah Yusuf (Gus Ipul) adalah Wakil Gubernur Jawa Timur 

Upaya melakukan pembangunan di Jawa Timur harus ditujukan untuk menciptakan kemakmuran bagi seluruh warganya. Pelaksanaan pembangunan yang telah berlangsung di era 2009-2019 perlu untuk dilanjutkan melalui pengembangan-pengambangan inovasi baru berbasis Gotong Royong guna mempercepat hadirnya kemakmuran bagi warga Jawa Timur.

Tujuan pembangunan adalah membawa seluruh masyarakat mencapai kemakmuran. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI), makmur berarti serba kecukupan, tidak kekurangan. Sehingga, makmur bisa diartikan sebagai kondisi yang tercukupi kebutuhan dasarnya dan dengan keadaan itu kita merasa puas. Lalu bahagia dengan kehidupan yang dijalaninya.

Bagaimana tingkat kemakmuran warga Jawa Timur? Salah satu ukuran yang bisa digunakan adalah Indeks Kebahagiaan. Indeks ini digunakan untuk mengukur tingkat kebahagiaan rata-rata individu pada sebuah wilayah dengan skala 0-100. Semakin tinggi indeks kebahagiaan penduduknya, maka semakin makmur daerah tersebut.

Mendasarkan pada hasil survey Badan Pusat Statistik (BPS: 2014), Indeks Kebahagiaan Jawa Timur berada pada angka 68,70 pada skala 0-100. Artinya, secara rata-rata masyarakat Jawa Timur cukup bahagia. Lebih bahagia dari tingkat kebahagiaan nasional, yang berada pada angka 68,28.

Meski demikian, hingga tahun 2016 Jawa Timur masih belum masuk sebagai 10 besar provinsi dengan indeks kebahagiaan tertinggi se-Indonesia. Capaian yang sudah ada perlu untuk lebih ditingkatkan melalui kerja keras dan pengembangan inovasi-inovasi cerdas.

Semua sumber daya pembangunan di Jawa Timur perlu dikonsolidasikan guna mendongkrak tingkat kebahagiaan warga. Melalui kerja bersama berprinsip Gotong Royong, saya optimis Jawa Timur akan masuk dalam 10 besar dalam 5 tahun mendatang.

Lewat Jatim Makmur

Pertumbuhan ekonomi Jawa Timur sudah bagus. Untuk semakin memakmurkan warga, pemerintah provinsi perlu untuk memastikan bahwa warganya berkecukupan dan memiliki kepuasaan yang baik atas kualitas hidupnya. Jatim harus Makmur. Saya ingin melihat semua warga bahagia, mampu menikmati kehidupan dan tercukupi kebutuhan jasmani dan rohaninya. Ini inti sari dari Jatim Makmur.

Kebahagiaan warga sangat dipengaruhi oleh berbagai aspek. Jika menggunakan Indek Kebahagiaan, terdapat 10 aspek yang mempengaruhi tingkat kebahagiaan, yakni: kesehatan, pendidikan, pekerjaan, pendapatan rumah tangga, dan keharmonisan keluarga. Juga ketersediaan waktu luang, hubungan sosial, kondisi rumah dan aset, keadaan lingkungan, dan kondisi keamanan. Semakin tinggi kepuasan warga terhadap kualitas dari 10 aspek ini, semakin besar tingkat kebahagiaan yang dirasakan oleh masyarakat.

Berangkat dari hal tersebut, usaha meningkatkan pertumbuhan ekonomi harus disertai dengan penurunan tingkat kemiskinan, mengurangi pengangguran, dan mendorong pemerataan yang makin luas. Ini berarti, selain melihat prestasi pembangunan pada sisi pertumbuhan ekonomi, capaian terkait dengan pelayanan publik yang berkualitas serta peningkatan kualitas sumber daya manusia juga perlu diperhatikan. Jatim Makmur muaranya adalah peningkatan pelayanan publik yang semakin merata dan berkeadilan kepada warga Jawa Timur.

*) Saifullah Yusuf adalah Wakil Gubernur Jawa Timur

Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help