Surya/

Healthy Life

Ingin Menghindari Gangguan Pencernaan? Coba Praktikkan 6 Gerakan Yoga ini

Selain dengan makan teratur serta menjaga pola hidup, penyakit maag juga dapat dihindari dengan enam gerakan yoga ini.

Ingin Menghindari Gangguan Pencernaan? Coba Praktikkan 6 Gerakan Yoga ini
surabaya.tribunnews.com/Sudharma Adi
Gerakan Yoga Agnisaramudra yang bermanfaat untuk memperbaiki sistem percernaan dan menyembuhkan sembelit. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Hidup sehat dan bugar pasti jadi dambaan setiap orang. Namun tak jarang, pola makan yang tak teratur dan stres, membuat banyak orang yang mengalami gangguan pencernaan hingga maag akut.

Untuk mencegah sekaligus menyembuhkan maag dan gangguan pencernaan, enam gerakan yoga ini bisa diterapkan. 

Instruktur yoga dari Palem Yoga Centre, Madhava Dev menuturkan, banyak penyakit yang disebabkan gangguan pencernaan. Penyakit yang paling sering dialami orang adalah maag. Penyakit ini bisa terjadi karena terlambat makan dan pikiran yang stres.

“Pola makan kurang teratur sehingga sering terlambat. Jika mau makan, biasanya langsung makan. Kebiasaan ini yang tak benar, karena memperberat kerja lambung. Seharusnya sebelum makan, minum air secukupnya dulu,” tuturnya pekan lalu.

Penyakit ini juga muncul ketika orang itu kurang istirahat. Adanya toksin pada makanan seperti pengawet dan pewarna buatan juga memicu munculnya maag. Jika sudah menderita penyakit maag, maka berbagai komplikasi bakal menyertai tubuh mulai dari kolesterol tinggi, asam urat dan jantung koroner.

“Kalau sudah kena penyakit maag, biasanya merambat ke penyakit lainnya. Ini membuat tubuh makin jauh dari bugar,” tuturnya.

Selain penyakit maag, banyak gangguan pencernaan yang bisa dialami, seperti kondisi liver yang lemah. Keadaan liver yang lemah membuat kerja untuk memecah asam dari makanan jadi terganggu.

Akibatnya, organ penting seperti ginjal dan jantung juga terganggu. Tak hanya itu saja, gangguan lain seperti pankreas yang sakit, juga menjadikan seseorang bisa menderita diabetes.

“Banyak organ penting pada organ pencernaan. Gangguan organ pencernaan seperti lambung, liver dan pankreas ini bisa membuat penyakit komplikasi pada tubuh,” terangnya.

Untuk mencegah atau menyembuhkan gangguan pencernaan ini, maka gerakan yoga menjadi cara efektif dengan tanpa mengeluarkan banyak biaya. Paduan gerakan dan pernafasan secara kontinyu yang dipusatkan di area pencernaan, mampu mengurangi penyakit di pencernaan secara bertahap.

Halaman
123
Penulis: Sudharma Adi
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help