Surya/

Berita Surabaya

Mobile Learning Memuat Tiga Sistem Penting Pembelajaran, Ini Macamnya

Hal inilah yang melatar belakangi lahirnya aplikasi “Mobile Learning (MoLearn)” yang dibuat dosen Stikom.

Mobile Learning Memuat Tiga Sistem Penting Pembelajaran, Ini Macamnya
surya/sulvi sofiana
Tim riset Mo Learn menunjukkan pembelajaran berbasis teknologi, 'Mo Learn' yang bisa diakses melalui komputer dan smartphone, Sabtu (22/7/2017). 

SURYA.co.id |SURABAYA – Seiring dengan kemajuan teknologi informasi yang begitu pesat, dibutuhkan kemudahan dalam pengelolaan informasi dan data guna pemantauan serta pengawasan belajar bagi siswa.

Hal inilah yang melatar belakangi lahirnya aplikasi “Mobile Learning (MoLearn)” yang dibuat dosen Stikom.

Mereka yaitu Dewiyani Sunarto, Bambang Hariadi, Tri Sagirani dan Tan Amelia.

Secara spesifik aplikasi ini diharapkan mampu memberi solusi kebutuhan belajar bagi generasi digital native yang sudah sangat mahir dan terbiasa dengan teknologi khususnya media digital.
Dewiyani menjelaskan ada 3 aspek penting pembelajaran yang termuat dalam aplikasi ini.

Pertama, membuat standarisasi materi pembelajaran yang terpusat melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), sehingga materi tidak melebar dan menyimpang.

Guru menyiapkan materi dan siswa bisa langsung mendownloadnya melalui aplikasi.

“Kedua, ujian online juga disediakan MGMP. Melalui aplikasi ini, MGMP mengupload materi ujian sebagai bank soal, termasuk dalam hal penentuan jadwal ujian. Guru tinggal memilih soal mana saja yang akan digunakan dalam ujian,” jelasnya pada SURYA.co.id, Sabtu (22/7/2017).

Siswa, lanjutnya, langsung bisa melihat secara online jadwal ujian.

Setelah itu, siswa langsung mengerjakan soal melalui aplikasi secara online dan dalam waktu bersamaan hasil ujian langsung dapat dilihat guru. Jenis soal ada tiga macam; multiple choice, multiple answer, dan essay. Untuk essay guru harus tetap menilai secara manual.

“Terakhir tugas-tugas siswa bisa langsung diupload ke MoLearn agar guru bisa menilai secara langsung tanpa harus tatap muka,” pungkasnya.

Bambang menambahkan, MoLearn memiliki keunggulan dibanding aplikasi yang lain, yaitu menerapkan standarisasi mutu pembelajaran, supporting dalam proses pembelajaran, personal, menumbuhkan kemandirian, dan kedisiplinan siswa.

Fitur dalam MoLearn terbilang cukup lengkap, mulai dari Pengelolaan Data, Materi Pembelajaran, Tugas, Ujian, Diskusi, dan Mutasi.

“Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah mampu melakukan pengukuran secara efektif pada proses pembelajaran karena menggabungkan metode inquiry dengan dukungan teknologi yang saat ini sedang diminati oleh remaja usia SMA,” pungkasnya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help