Reportase dari Prancis

Kangen Sang idola? Di Pere Lachaise Prancis Inilah Para Fans dan Idola Bisa Saling Melepas Rindu

di pekuburan seluas 42 hektare yang berusia 3 abad inilah terbaring penulis Oscae Wilde, musisi Chopin, hingga Jim Morrison.. datang saja jika rindu..

Kangen Sang idola? Di Pere Lachaise Prancis Inilah Para Fans dan Idola Bisa Saling Melepas Rindu
istimewa
Patung penulis eksentrik Oscar Wilde di pemakaman Pere Lachaise Prancis 

Reportase Mimi Champy
Pegiat Literasi/Ibu Rumah Tangga/Traveller

PERTAMA kali diajak wisata ke pemakaman di Kota Paris, saya terkejut dan berpikir wisata kubur? Dan begitu tiba di pemakaman, rasa kagum sontak terbentuk melihat betapa rapi kompleks makam yang jauh dari rasa seram. Bahkan, makam ini lebih mirip seperti taman penuh batu nisan. 

Mungkin inilah taman pemakaman umum di Kota Paris yang paling terkenal di dunia. Père Lachaise adalah pemakaman yang indah dan paling banyak dikunjungi turis dari berbagai dunia.

Apa yang membuat pemakaman ini terkenal sehingga menjadi jujugan wisatawan mancanegara? Ternyata, mereka yang terbaring di makam ini bukan hanya orang-orang terkenal Prancis saja, tapi juga orang-orang terkenal di dunia.

Nama Père Lachaise diambil dari nama pengawas Raja Louis XIV, Pastor François d'Aix de La Chaise. Pemakaman ini dibuka pada 21 Mei 1804.

Orang pertama yang dikuburkan di sana adalah gadis kecil bernama Adélaïde Paillard de Villeneuve, anak seorang penjaga pintu. Sayang, makamnya sudah tak ada lagi, karena sudah diganti oleh makam 'penghuni' baru.

Karena pemakaman ini terletak di luar Kota Paris pada masa itu, tak banyak orang yang memakamkan keluarganya di sana, sehingga pemakaman ini hanya berisi 13 makam saja.

Kemudian seorang pemasar bijak yang berpengalaman merancang rencana untuk menarik orang-orang untuk membeli plot di pemakaman ini dengan memindahkan sisa-sisa tulang belulang penulis Molière dan La Fontaine ke pemakaman Père François de La Chaise.

Sejarah mencatat bahwa populasi pemakaman meningkat dengan cepat setelah itu karena semua orang ingin dikuburkan di antara para pesohor.

Pemakaman seluas 43,2 hektar (109 acre) itu juga kaya dengan pahatan pada dinding makam dan mausoleum, karena setiap keluarga almarhum yang dikuburkan di sana memberi hiasan patung dan monumen yang ditempatkan seindah dan seartistik mungkin. Hasilnya adalah banyak karya seni spektakuler yang menarik untukdilihat sebagai tempat pemakaman orang-orang terkenal dunia.

Halaman
12
Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help