Surya/

Kuliner

Nasi Putih dan Empal ala Burger Sajian Muttonbird Bistro and Rooftop

Adapun isian pada rice burger ini terdiri atas lapisan empal sapi yang disuwir-suwir dan telur mata sapi setengah matang.

Nasi Putih dan Empal ala Burger Sajian Muttonbird Bistro and Rooftop
surya/achmad zaimul haq
Rice burger 

SURYA.co.id | SURABAYA - Bagi penggemar makanan lokal tapi berasa barat, mungkin saatnya mencoba menu berbeda yang ditawarkan Muttonbird Bistro and Rooftop. Menu yang menggabungkan citarasa lokal dan western ini adalah nasi burger alias rice burger.

Menu yang disajikan bistro yang beralamat di Jl Ir Soekarno 104 ini menggunakan nasi putih sebagai bahan utamanya.

Nasi putih yang digunakan sebanyak dua porsi dengan takaran dua tangkup orang dewasa. Nasi putih ini disusun laiknya lapisan-lapisan daging dan sayur pada burger. Bisa dikatakan, nasi putih ini adalah roti ala burger.

Adapun isian pada rice burger ini terdiri atas lapisan empal sapi yang disuwir-suwir dan telur mata sapi setengah matang.

Untuk empal sapi, agar citarasa makin mantap, maka dibumbui dengan saus manis dan rempah-rempah. Sedangkan telur mata sapi yang digoreng tetap dijaga tingkat kematangannya, agar tak terasa eneg.
“Empal sapi ini digepuk dulu sebelum disuwir-suwir agar terasa empuk. Begitu juga dengan telurnya yang digoreng tak terlalu matang supaya tak gosong,” urai Billy Tirta Wijaya, pengelola Muttonbird Bistro and Rooftop, belum lama ini.

Rice burger empal gepuk ini menjadi menu utama dari beberapa varian rice burger. Adapun pada rice burger empal gepuk, lapisan terbawah adalah nasi putih, lalu ditumpuk dengan potongan empal gepuk suwir-suwir.

Di atasnya, ada sepotong telur mata sapi berukuran kecil. Barulah setelah itu ditumpuk dengan nasi putih lagi.

Pada bagian topping atau atas, taburan empal gepuk dan irisan tipis kentang goreng membuat citarasa gurih cukup terasa.

“Paduan rice burger makin terasa burgernya dengan tambahan acar irisan timun dan wortel. Tak lupa, sambel trancam Bu Rudy makin memperkaya citarasa,” paparnya.

Selain rice burger empal gepuk, setidaknya ada lima varian rice burger yang menjadi pilihan penggemar kuliner.

Halaman
12
Penulis: Sudharma Adi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help