Bupati Sidoarjo Ngotot Ingin Membangun Pengolahan Sampah Bakar

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, ngotot ingin membangun pengolahan sampah dengan metode pembakaran karena dianggap lebih bersih.

Bupati Sidoarjo Ngotot Ingin Membangun Pengolahan Sampah Bakar
surabaya.tribunnews.com/Irwan Syairwan
TPA Jabon di Kabupaten Sidoarjo 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, ngotot ingin membangun pengolahan sampah (PS) dengan metode pembakaran. Selain dinilai lebih bersih, pembangunan PS yang dibakar ini juga bisa menghasilkan tenaga listrik.

Saat ditemui di acara Bimtek Smart City, bupati dua periode ini mengatakan tengah serius menggarap pembangunan PS yang menggunakan metode pembakaran dengan perusahaan asal China, China Everbright International Limited (CEIL).

"Saya sudah berkunjung juga ke salah satu instalasi PS bakar di sana, dan saya pikir sangat cocok juga diterapkan di Sidoarjo," kata Saiful, Selasa (18/7/2017).

Saiful menuturkan telah melakukan joint statement (kesepakatan kerjasama) dengan CEIL untuk mewujudkan PS bakar yang rencananya dilakukan di TPA Jabon.

Menurutnya, solusi pembakaran sampah yang diubah menjadi energi listrik bisa memberikan keuntungan sekaligus menjaga ketahanan pasokan listrik di Kota Delta yang menjadi salah satu basis industri di Jatim.

"Dan juga ramah lingkungan karena proses pembakarannya ini sangat canggih," sambungnya.

Namun di satu sisi, Pemkab Sidoarjo juga telah mendapatkan dana hibah dari Kementerian PUPR untuk pembangunan PS dengan metode sanitary landfill (SL) atau penimbunan yang nilainya ratusan miliar. Hanya saja, pembangunan PS SL ini harus segera direalisasikan sampai akhir 2017. Jika tidak, dana hibah itu akan hangus.

Meski sudah ada hibah tersebut, Saiful lebih cenderung memilih PS bakar ketimbang SL. Menurutnya, teknologi yang digunakan di instalasi PS di China sangat modern dan bisa menjadi solusi cepat permasalahan sampah Kota Delta yang per harinya mencapai sekitar 4.000 ton sampah.

"Lebih sreg yang dibakar saja," ujarnya.

Terpisah, Kordinator Komunutas Nol Sampah Surabaya, Wawan Some, menolak rencana pembangunan PS bakar di Sidoarjo. Wawan menyatakan bupati bisa melanggar Keppres no 18/2016, jika sampai merealisasikan PS bakar tersebut.

Halaman
12
Penulis: Irwan Syairwan
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help